Stage Makeup 101: Basic Tips on Dramatic Stage Look

Saya seorang theatre freak alias ngefans berat dengan segala hal yang berhubungan dengan teater.  Saya juga tergabung ke dalam sebuah komunitas teater di Jakarta yang lumayan sering mementaskan produksinya.   Ada satu hal yang menurut saya paliiing ribet menjadi pemain  teater:   Nope, bukan  permasalahan menghapal naskah.  Naskah kalau sering dibaca pasti hapal sendiri, beneran, deh.   Bukan juga permasalahan demam panggung dan lain-lainnya itu.  Yang paling ribet itu adalah makeup panggung!  Wuih, kalau sudah berhubungan dengan ini, saya bisa pusing dan panik sendiri.

Penggunaan makeup panggung dan makeup sehari-hari itu berbeda sekali.  Banyak faktor yang menjadi pertimbangan untuk pengaplikasian makeup panggung untuk para aktor, penari dan penyanyi  karena peranannya sangat penting untuk bisa mengkomunikasikan ekspresi dan karakter.  Selain itu, makeup harus tahan dibawah sinar lampu panggung yang tidak bersahabat  dan harus bisa terlihat jelas oleh penonton bahkan oleh penonton yang duduk di kursi paling belakang.  Jadi memang tidak main-main, sih, dalam pementasan teater.   Makanya saya selalu sukses pusing pada saat menggunakan makeup untuk pentas.  Orang memakai makeup sehari-hari saja masih belum fasih, apalagi harus memakai beban penterjemahan karakter segala macam, iya nggak?

Alicia Kasih, Director Hearts Records Theatrical Concert /Manager dan Resident Coreographer Jakarta Broadway Team

Oleh karena itu, pada saat saya mendapatkan penugasan meliput behind the scene dari pertunjukkan theatrical show ‘Hearts Records’ yang akan dipentaskan oleh Jakarta Broadway Team pada tanggal 14 Februari mendatang,  I was so excited! Haha, saya bisa curi ilmu sekaligus mendapatkan insights mengenai dramatic stage makeup.    Perfect!

Saya tiba di tempat rehearsal  JBT di Danau Sunter, Jakarta Utara,  tepat sesudah mereka selesai latihan.  Suasana di belakang panggung  pada rehearsal pertunjukan “Hearts Records’  terlihat santai dan penuh tawa.   Saya bertemu dengan Alicia Kasih,  director pertunjukkan Hearts Records  yang juga merangkap sebagai Manager & Resident Choreographer,  dan bicara panjang lebar mengenai  produksi musical show Hearts Records.    Alicia menjelaskan bahwa Hearts Records musical show  mengangkat konsep theatrical concert  bertemakan cinta yang dikemas dengan gaya musical.  Pada pembikinan show ini, JBT mengangkat  17 lagu –lagu cinta populer yang kemudian di ambil benang merah cerita yang berhubungan dengan lagu-lagu yang ditampilkan.

Alicia juga membeberkan kiat penggunaan makeup untuk panggung (stage makeup) dan mengajak saya melihat langsung aplikasinya  oleh para penari dan penyanyi yang terlibat dalam production ini.  It was such an interesting and exciting sights to see,  I totally loved it!

 

Berikut adalah beberapa stage makeup tips yang saya pelajari:

  • Perbedaan antara makeup biasa dan makeup panggung adalah di base-nya.  Base atau foundation yang digunakan harus cukup kuat untuk bisa menahan sapuan warna yang tebal, jadi tentunya kualitas foundation juga harus bagus.   Foundation yang baik dan yang sering digunakan oleh anggota JBT untuk keperluan ini adalah dari MAC, PAC, dan Revlon PhotoReady.

  • Bersihkan muka terlebih dahulu adalah keharusan!  Wajah para pemain teater harus menjadi kanvas kosong yang siap untuk diubah sesuai dengan karakter yang dimainkan.  Dan hal itu hanya bisa dicapai dengan pengaplikasian warna tebal.  Jadi kebayang, dong, apa akibatnya kalau memakai makeup tebal tanpa membersihkan muka terlebih dahulu?
  • Gunakan moisturizer agar pengaplikasian makeup lebih mudah dan hasilnya lebih baik sehingga tetap terlihat di bawah sorot lampu panggung.
  • Contour, contour, contour! Ternyata itu rahasianya untuk bikin makeup panggung yang impactful.   Dan cara paling cepat untuk contouring wajah  adalah dengan menggunakan cream foundation berwarna lebih gelap  dari warna kulit, di bagian wajah yang ingin dipertegas, misalnya dibagian bawah tulang pipi.  Hasilnya adalah contour wajah yang terlihat lebih tegas dibandingkan dengan memakai blusher atau bronzer.    Oh ya, pemakaian ini dilakukan setelah pemakaian base foundation di awal yang cocok dengan warna kulit, ya.
  • Untuk menyiasati  agar tidak terlihat pucat di bawah sinar lampu panggung, gunakan foundation dengan warm undertone. Hal ini dimaksudkan untuk tidak terlihat pucat di bawah sinar lampu panggung karena sinar lampu panggung yang biasanya memberikan colder effect pada warna kulit  sehingga cenderung membuat warna terlihat lebih pucat.
  • Gunakan bulu mata palsu untuk membuka tampilan mata dan membuat kesan lebih dramatis dan silahkan boros dalam penggunaan liquid eyeliner.   Selalu gunakan eyeliner berwarna hitam untuk menegaskan mata.  Garis mata yang tegas dapat membantu ekspresi yang ingin disampaikan, sehingga karakter terlihat bahkan oleh penonton di bangku paling belakang.

  • Prioritaskan alis mata!  Gunakan pensil alis untuk mempertegas frame wajah.  Alis mata ini penting sekali peranannya ternyata dalam makeup panggung karena dapat menyampaikan ekspresi wajah dengan lebih jelas.  Anggota JBT rata-rata menggunakan pensil alis Viva.

  • Gunakan lipstik berwarna terang yang membuat bibir terlihat lebih menonjol dari biasanya.  Lampu panggung cenderung membuat wajah terlihat washed out, sehingga lipstik berwarna terang membantu untuk mengurangi efek tersebut.

And voila! You are ready to perform.

Tips ini juga sebenarnya dapat digunakan untuk pemakain di luar panggung, lho, kalau ingin makeup yang berkesan dramatis di malam hari.  Atau kalau merasa akan difoto oleh paparazzi, haha!

Pertunjukkan Heart Records- A Theatrical Concert digelar pada tanggal 14 – 16 Februari 2014 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki.  Pertunjukkan hari Jumat dan Sabtu dimulai pada pukul 8 malam dan pertunjukkan pada hari Minggu dimulai pada pukul 7 malam.   Informasi acara dan tiket, silahkan kunjungi Jakarta Broadway Team website.