Daftar Kosmetik Bersertifikat Halal

Kebutuhan akan produk berlabel halal semakin meningkat seiring makin luasnya pemahaman dan edukasi mengenai produk dan gaya hidup halal. Label halal juga sekarang banyak terdapat pada produk kosmetik yang merupakan penunjang penampilan setiap perempuan. Produk kosmetik berlabel halal di Indonesia, artinya telah memiliki sertifikasi halal yang merupakan kewenangan dan dikeluarkan oleh LPPOM MUI

Label halal ini diperlukan untuk memberikan jaminan/assurance pada konsumen, sehingga dapat lebih mudah untuk memilih dan mendapatkan produk halal, mengingat perkembangan teknologi berdampak pula pada semakin kompleksnya proses produksi sebuah produk olahan. Ini juga bukan berarti bahwa produk yang tidak berlabel halal adalah haram untuk dikonsumsi, tetapi statusnya masih diragukan. Konsumen lah yang harus pandai-pandai untuk memilih. Beberapa waktu lalu kami juga menulis tentang pendapat beberapa hijabers tentang label halal, bisa dibaca di sini.

Berdasarkan data dari LPPOM MUI yang disosialisasikan oleh Halal Corner, sebuah wadah edukasi mengenai produk dan gaya hidup halal, saat ini terdapat beberapa merek kosmetik yang sudah mendapat sertifikat halal dari MUI. Sertifikat halal diberikan untuk per varian produk kosmetik, jadi tidak serta merta semua produk dalam merek tersebut berlabel halal. Namun umumnya, setiap merek akan mendaftarkan semua varian produknya, sehingga daftar merek berikut bisa dijadikan acuan umum.

Namun, merek yang kami sebutkan ini, terbatas pada merek kosmetik dekoratif dan perawatan kulit wajah, tidak termasuk produk perawatan tubuh lainnya yang sudah banyak pula mendapat sertifikat halal. Daftar produk terinci juga terdapat dalam Daftar Belanja Produk Halal yang diterbitkan dan selalu diperbarui oleh LPPOM MUI.

1. Wardah
2. Ristra
8. PAC
10. Moors
12. Biocell
13. Rivera
15. Freya

Jadi, banyak kan produk kosmetik Indonesia yang sudah berlabel halal? Semoga semakin banyak produsen dan importir produk kosmetik yang menyadari bahwa konsumen makin peduli dan memandang perlu untuk memberi label halal pada produknya. Pengetahuan dan keberpihakan kita pada produk kosmetik berlabel halal juga bisa menjadi daya tawar konsumen agar semakin banyak pilihan produk berlabel halal.