3 Kiat Memilih Skincare Untuk Berpergian

Tahun 2013 kemarin, saya berpergian lebih sering dari biasanya. Baik karena alasan kerjaan ataupun untuk liburan. Walaupun sedang berpergian, saya tidak pernah lupa untuk tetap merawat kulit muka. Selain tidak mau terlihat kusam di foto, saya juga tidak mau dong pulang dari perjalanan malah bawa oleh-oleh kulit bermasalah. Tapi membawa skincare bukan berarti harus ribet, lho.

Nah, ini ada beberapa hal tentang cara memilih dan membawa skincare untuk berpergian yang saya pelajari:

1. Pilih skincare sesuai tujuan

Kesalahan pertama saya pada saat saya berpergian adalah mentah-mentah membawa skincare yang sedang saya gunakan pada saat itu. Padahal tempat tujuan dan cuaca juga menentukan skincare apa yang harus kita bawa. Itu juga kenapa penting untuk tahu cuaca dan suhu pada saat berpergian. Pada tengah tahun saya sempat berpergian ke Taiwan yang ternyata cuacanya sedang dingin sekali. Pada saat itu saya sedang memakai SK-II brightening skincare arsenal, dan yang kurang adalah serum untuk menambahkan hidrasi pada kulit karena pada saat cuaca dingin, kulit akan lebih cepat kering. Sedangkan skincare yang sama sangat cocok saya gunakan pada saat saya ke Singapur, karena pada saat itu di Singapur sedang terik sekali mataharinya sehingga mudah sekali kulit menjadi menghitam dan kusam.

Jadi cek kembali apakah skincare kita cocok dipakai untuk kota tujuan. Biasanya untuk summer, pilih produk yang ringan dan cepat menyerap, tidak terlalu lengket dan juga menjaga kulit agar tampak cerah atau singkatnya jangan lupa brightening care. Selain itu perlu juga sunscreen yang memberikan proteksi lebih lama dan lebih powerful dengan broadspectrum protection. Sedangkan untuk winter, yang diperlukan adalah serum yang bisa memberikan hidrasi sepanjang hari dan menahan kelembapan kulit. Karena pada udara seperti ini mudah sekali kelembapan kulit “menguap”.

 

2. Hemat tempat dengan memindahkan produk ke botol kecil

Memang sih terkadang malas memindahkan produk ke tempat-tempat kecil. Tapi selain hemat tempat, risiko untuk produk yang bertempat di botol kaca dan pecah juga lebih kecil. Selain itu juga tidak berat! Waktu pergi sih pasti nggak keberatan, karena tempat masih banyak. Tapi lain lagi waktu pulang, pasti belanjaan sudah banyak, jadi butuh space ekstra. Apalagi sekarang kalau naik budget airline kita harus membeli bagasi. Jadi semakin kita bisa menghemat berat bawaan, semakin baik bukan?

Tempat-tempat kecil ini sendiri mudah di dapatkan di Muji atau bagian pernak-pernik kecantikan di supermarket atau department store. Atau memang kalau masih ada bekas tempat produk travel size yang sudah habis isinya, bisa dibersihkan dan dipakai kembali.

 

3. Bawa produk-produk yang hampir habis

Pada saat berpergian kemarin, saya bawa semua produk-produk saya yang hampir habis. Mulai dari shampo sampai dengan produk pembersih muka. Jadi, ketika pulang, kita tidak usah membawa produk ini balik. Atau, kalau ada produk-produk yang bentuknya sachet atau travel size, lebih baik membawa produk ini saja karena hemat tempat dan lagi-lagi tidak usah dibawa pulang.

 

Other than that, don’t forget to actually use them! Berpergian bukan berarti istirahat merawat kulit, ya.

Bagaimana dengan kalian, apakah punya kiat-kiat lainnya dalam memilih produk kecantikan untuk dibawa pada saat berpergian?