3 Langkah Mudah Memilih Foundation yang Tepat

Pemilihan foundation adalah satu hal yang sangat sulit bagi beberapa wanita karena untuk menemukan foundation yang tepat butuh melalui beberapa proses yang bisa dibilang lumayan tricky. Tidak jarang beberapa orang yang merasa sudah menemukan warna yang pas dengan kulitnya namun  hasil yang diinginkan tidak sesuai dengan harapan, hal ini terjadi karena terkadang kita tidak memperhatikan jenis/formula foundation yang cocok dengan kulit kita.  Sekarang cari tahu dulu yuk beberapa tips yang mudah dilakukan supaya bisa memilih foundation yang tepat:

Step 1 : Skin Type

Hal pertama yang perlu di perhatikan adalah ketahui dulu jenis kulit kita : berminyak, kering, sensitif, normal, atau kombinasi?


Step 2 : What Coverage Do You Need?

  • Liquid Foundation – Biasanya liquid foundation memiliki dua pilihan baik oil-based atau water-based, jenis foundation ini juga cocok untuk semua jenis kulit, jika kamu memiliki jenis kulit berminyak maka pilihlah liquid foundation dengan water-based formula. Coverage : Sheer – medium or medium  to full coverage
  • Cream Foundation – Biasanya memberikan coverage yang lebih dan juga biasannya memiliki oil based formula, jadi untuk wanita yang memiliki kulit berminyak menurut saya lebih baik menghindari foundation ini. Coverage : Medium – Full Coverage
  • Pressed Powder – Lebih cocok untuk kulit yang berminyak, karena powder baik untuk menyerap minyak ekstra yang ada di wajah. Coverage : Sheer – medium or medium  to full coverage
  • Tinted Moisturizer – Cocok untuk orang-orang yang menginginkan moisturizer lebih dan  sedikit coverage untuk sekadar menyamaratakan warna kulit. Coverage : Sheer

 

Step 3 : Choose the right color

  • Ketahui warna dasar kulit kita sebelumnya, apakah warm (kuning), cool (pink), atau neutral. Cara gampang untuk mengetahuinya adalah dengan melihat urat nadi kita, bila biru maka masuk ke cool tone, bila berwarna hijau berarti masuk kedalam warm tone, dan kalu tidak bisa membedakan antara biru dan hijau maka anda masuk kedalam neutral tone.
  • Datanglah ke counter makeup dan bertanya langsung kepada Beauty Advisor warna foundation apa yang cocok untuk kita. Namun bila merasa kurang yakin mintalah sample untuk dicoba di rumah sehingga bisa kita pakai dan mengetahui cocok atau tidaknya warna itu setelah dipakai di seluruh muka selama satu hari penuh.
  • Hal lain yang dapat dilakukan untuk menentukan warna foundation yang pas adalah dengan menyococokan warna foundation di belakang rahang. Karena bagian tersebut memiliki undertone yang paling akurat.
  • Untuk melihat warna foundation benar-benar cocok atau tidak, manfaatkan natural light/cahaya matahari.  It is the best light to check whether you wear the right shade or not.

Nah, setelah bisa memilih foundation yang sesuai dengan kulit kita, tinggal belajar cara pakainya, dan bisa dilihat di video di bawah ini. Selamat mencoba!