5 Cara Melakukan Perawatan Kuku Di Rumah

Menjadi nail polish addict membuat saya sering mendapat pertanyaan “Memangnya kuku nggak rusak dicat terus?’, Well, saya selalu menjawab “nggak”. Padahal hobi  mencat kuku saya ini sudah berlangsung lebih dari 2 tahun, lho. Lalu biasanya ada pertanyaan lain “Kukunya nggak kuning?”. Ya, jelas kuku menjadi sedikit kuning, tapi ada beberapa kiat untuk menjaga kuku agar tetap sehat walaupun memakai cat kuku hampir setiap hari.

 

1. Nail Buffer: Fungsinya untuk meratakan permukaan kuku dan untuk mengurani warna kuning pada permukaan kuku. Tapi disarankan penggunaannya jangan terlalu sering, cukup 2 kali dalam sebulan karena dapat membuat kuku menjadi tipis.

 

2. Cuticle Remover. Kutikula adalah lapisan kulit yang ada di sekitar kuku dan terkadang mengeras/menggumpal. Tapi jangan pernah dibersihkan dengan cara digunting ya. Lebih baik mengatasinya dengan menggunakan cuticle remover atau body lotion, tunggu sampai 15 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan orange wood stick/cotton bud. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

 

3. Nail Hardener . Jika kuku kita tergolong rapuh, mudah patah, atau gampang mengelupas, boleh dicoba memakai nail hardener kurang lebih tiga kali dalam seminggu.  Penggunaan nail hardener secara rutin dapat memperbaiki kuku yang mudah patah. Namun dalam penggunaanya usahakan hanya pada ujung kuku saja, jangan sampai kena ke daerah kutikula karena nail hardener dapat membuat kutikula menjadi keras dan sulit untuk dibersihkan.

 

4. Cuticle Cream . Cream ini sangat penting untuk dipakai setelah menghapus cat kuku agar dapat memberi kelembapan pada kuku kita. Gunakan cuticle cream secara teratur atau pada malam hari agar cuticle pada jari- jari kita tetap terasa lembab.

 

5. Base Coat. Wajib digunakan sebelum menggunakan cat kuku. Pilihlah yang mengandung vitamin dan juga penguat kuku, agar kuku mendapat nutrisi. Penggunaan base coat penting karena dapat mengurangi warna kuning pada kuku dan juga dapat membuat warna cat kuku tahan lebih lama.

Nah, itu adalah beberapa perawatan kuku yang dapat dilakukan di rumah untuk merawat kuku kita, produk-produk yang disebutkan di atas juga dapat dengan mudah dibeli di supermarket terdekat.  Jadi kalau malas pergi ke salon, kita bisa merawat kuku sendiri di rumah. Selamat mencoba! :)

 

Image courtesy of this link