Hijabers Inspiration: The Kate Spade Girl

Think bright stripes, florals, and oversize bows—through a retro-1950s lens.

Beginilah Brad Goreski, brand stylist Kate Spade sekilas menggambarkan penampakan brand ini.

Saya tidak pernah bosan memandangi sosok Kate Spade girl, dalam balutan yang selalu ceria, carefree dan ‘ringan’. Ciri khas dan gaya yang begitu melekat, sejak saya mulai mengenal dunia fashion. Konsisten dengan karakter tersebut, sehingga menjadi inspirasi dan brand-darling bagi banyak fashionista.

Kate Spade girl identik dan akrab dengan a-line skirts, shift dresses, dan printed cropped denim, tak ketinggalan cheeky accessories seperti clutch dan  kacamata cat-eye, sepatu open toe atau t-bar-nya yang khas. Hasilnya, look yang flirty sekaligus feminin, dengan kesan muda yang segar.

Dengan dunianya yang bebas dan penuh warna, Kate Spade girl sangat ekspresif dalam menyatakan statemen fashionnya. Kreatif dalam mix and match beberapa item sekaligus, tidak canggung menerapkan layer seperti kemeja yang ditumpuk dengan t-shirt, turtleneck plus jaket, dan sebagainya.

I want them all!! Melihat gaya Kate Spade (KS) girls diatas, rasanya saya ingin memiliki semuanya. Tetapi perpaduan yang serba tumpuk dan tabrak warna cerah juga merupakan tantangan tersendiri untuk hijabers. Berikut beberapa kunci untuk bergaya ala KS girls untuk hijabers.

  • Casual yang rapih, slim dan polished. Material kain yang baik dan tidak mudah kusut adalah kuncinya. KS girl selalu terlihat casual, namun dalam busana yang rapi dan pas (tidak terlalu longgar). Tentu saja hijabers tidak disarankan untuk menggunakan cropped atau skinny pants. Pilih celana pipa, boyfriend jeans, atau rok panjang berpotongan lurus.
  • Kate Spade is about bright colors. You have to incorporate bright colors to your total look. Tabrak warna sangat dianjurkan, tetapi harus tetap proporsional. Ingat, KS girl yang kita lihat selalu terlihat menarik dan sempurna karena tidak ada elemen hijab. Tipsnya, gunakan warna hijab yang tidak mengganggu palet warna busana, atau gunakan warna hijab yang sama dengan salah satu item busana. Pilih satu elemen busana atau aksesori dengan warna terang sebagai andalan.
  • Hindari palet warna pastel. Jika selama ini kita selalu aman dengan warna-warna pastel seperti dusty pink, dusty purple, krem, coklat muda, sand, kali ini waktunya untuk warna-warna terang dan solid yang berbicara. Gunakan warna-warna yang kontras, sehingga perpaduan warna antar elemen lebih mencolok.
  • Bright accessories is a must. Saatnya menggunakan sepatu atau kalung berwarna neon. Kaoskaki berwarna atau bercorak kontras juga seru untuk dimainkan.
  • Do layers. Kali ini, bukan layers yang flowy, lebar atau beraksen waterfal yang kita lakukan, tetapi pilih layers yang lebih ‘slim’. Padukan kemeja dan sweater tipis, turtleneck top dengan cropped jaket, atau tshirt lengan pendek dengan kemeja lengan panjang. Tidak terlalu praktis mungkin, but it surely fun!

So, challenge accepted. Walaupun tidak belum punya tas Kate Spade, paling tidak saya sudah mencoba bergaya ala KS girl. Well, of course, minus that model pose and body!

Kiri: Square scarf – Hush Puppies denim shirt – knit cardigan – Zara pants – Zara stripe espadrilles – Catha bags.
Kanan: Square scarf – Up2date top & skirt – Romano Joseph shoes – Ziba Label bags.