5 Penyebab Rambut Rusak

Kita tahu bahwa dengan menggunakan straightener, hair dryer dan pengeriting rambut dapat menimbulkan permasalahan rambut seperti rambut kering, patah-patah, atau bercabang.  Namun selain penggunaan hair tools tersebut, ada beberapa penyebab lain yang dapat menimbulkan permasalahan rambut, di antaranya saya jelaskan di bawah ini. Kalau ingin rambut cantik dan sehat dengan bahan-bahan yang ada di rumah, bisa dibaca di artikel ’4 Ingredients to keep your hair beautiful’.

1. Mengeringkan rambut dengan handuk. Biasanya karena caranya yang salah, mengeringkan rambut dengan handuk bukan dengan cara diusap atau digosok batang rambutnya, dengan cara seperti ini maka kamu dapat merusak kutikula rambut.  Jika ingin mengeringkan dengan handuk lebih baik dengan cara diremas perlahan dengan menggunakan handuk.

Image courtesy of this site


2. Hair style. Sasak adalah salah satu proses menata gaya rambut yang paling dapat merusak batang rambut. Karena sasak membuat kita menyisir rambut dengan menggunakan arah yang berlawanan (bawah ke atas).  Hal itu menyebabkan kutikula rambut dapat terbuka dan mengakibatkan rambut menjadi rapuh dan kering juga mudah patah. Sasak boleh saja, tapi kalau bisa hanya pada saat-saat tertentu.

Image courtesy of this site

3. Mengikat rambut terlalu kencang. Dengan mengikat rambut sangat kencang dapat membuat batang rambut kita menjadi patah, dan bengkok secara permanen. Selain merusak partikel rambut mengikat terlalu kencang juga dapat membuat kepala kita menjadi pusing dan juga menyakiti kulit kepala.

Image courtesty of this site

4. Cuaca dan suhu udara. Dengan seringnya kita berdiam di ruangan AC atau di luar ruangan juga dapat menimbulkan permasalahan rambut seperti rambut kering dan pecah- pecah. Perlu perawatan rambut yang tepat sesuai dengan kebutuhan rambut kita masing-masing.  Gunakan conditioner, hair serum, atau hair vitamin jika dibutuhkan.

Image courtesy of this site

5. Menyisir pada saat rambut basah. Boleh saja menyisir pada saat rambut basah, tapi disarankan menggunakan sisir yang memiliki rongga yang besar atau menyisir menggunakan tangan. Batang rambut kita pada dalam keadaan basah akan membesar dan bila kita menyisir rambut dalam keadaan ini maka partikel rambut akan rusak dan rambut jadi mudah putus. Jadi sebaiknya diamkan rambut sampai agak atau sudah kering dan barulah disisir.

Image courtesy of this site

 

Nah, ini adalah 5 penyebab rusaknya rambut yang kadang tidak disadari. Mulai sekarang kurangi, yuk, hal- hal sepele yang dapat merusak rambut kita.