Skincare 101: Apa Perbedaan Serum, Essence, Booster & Ampoule?

Pertama kali saya pakai produk perawatan wajah, saya memakai produk dari negara-negara barat. Langkahnya mudah saja: cuci muka, toner, kemudian pelembap. Tapi seiring waktu, saya jadi makin terpapar informasi mengenai bermacam-macam produk perawatan wajah lainnya. Mulai deh saya menambahkan produk lainnya. Yang paling saya suka adalah serum! Belum tahu apa itu serum? Bisa baca selengkapnya di artikel yang pernah saya tulis beberapa waktu silam.

Semakin saya menyelami produk kesayangan saya ini, semakin saya bingung. Bukan saja tiap merek punya serum yang mereka jagokan dengan berbagai janji-janji manis, tapi juga namanya macam-macam! Apalagi begitu saya mulai mencoba produk dari Jepang dan Korea. I need help! Tiba-tiba muncul mahluk baru yang namanya essence, belum lagi sekarang produk Korea mulai memakai istilah ampoule. Tidak berhenti disitu saja, merek-merek ternama mulai berlomba-lomba membuat terobosan terbaru mereka yang dinamakan booster! I bet you’re lost in translation of cornucopia of products name too, right?

Let’s get down to details, girls.

1. Serum

Seperti yang saya tuliskan pada artikel ini, serum biasanya memiliki konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi dibandingkan produk lain seperti pelembap dan bisa memiliki bahan dasar air atau minyak. Memiliki partikel lebih halus dari pelembap sehingga bisa menyerap hingga ke dalam lapisan kulit. Dipakai setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembap. Begitupula dengan essence, ampoule dan booster – memiliki karakteristik yang sama.

Apakah serum dan essence berbeda? Ya dan tidak. Hal tersebut tergantung pada merek pembuatnya. Pada kasus produk perawatan wajah dari Jepang dan Korea, kebanyakan akan menggunakan istilah essence untuk produk yang sama khasiatnya dengan serum. Penamaan produk dengan serum jarang digunakan.

Pada kasus di mana suatu merek mengeluarkan essence dan serum, maka tekstur serum biasanya lebih encer dan mengandung konsentrasi kandungan aktif jauh lebih banyak dari essence. Biasanya lagi, serum akan mengandung bahan aktif untuk memerangi masalah spesifik pada kulit.

2. Essence

Seperti yang saya sebutkan di atas, biasanya serum dan essence ini adalah benda yang sama. Akan tetapi pada kasus di mana suatu merek mengeluarkan essence dan serum, biasanya essence akan memiliki tekstur lebih kental ketimbang serum – kebanyakan yang saya coba malah teksturnya seperti emulsion atau menyerupai milky lotion. Biasanya juga, essence memiliki konsentrasi lebih bahan esensial untuk menutrisi wajah Anda.

Masih bingung? Kalau memang tidak ada dilema antara memilih essence dan serum pada sebuah merek, anggap sajalah mereka ini dua mahluk yang sama. Tidak usah diambil pusing :p

Pada kasus di mana ingin memakai keduanya – serum dan essence – karena tekstur serum lebih cair, maka serum dipakai terlebih dahulu sebelum essence.

3. Booster

Kalau yang satu ini adalah my new addiction! Booster, atau juga disebut sebagai pre-essence atau pre-serum (lebih sering disebut sebagai yang pertama) bukan pengganti dari serum atau essence, akan tetapi lebih sebagai produk tambahan, dipakai sebelum serum dan/atau essence.

Tekturnya sendiri bermacam-macam – dari cairan, lotion agak kental sampai dengan gel atau lotion. Tapi tujuannya satu: untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit dan juga membuat produk perawatan wajah yang Anda pakai meresap lebih gampang dan bekerja lebih baik. Paling gampang, sih, kalau saya memberi contoh. Beberapa produk booster yang ada di pasaran seperti SK-II Facial Treatment Essence, DDF Amplifying Elixir, Sulwhasoo First Care Activating Serum, Menard Beauness dan Lancome Genifique.

4. Ampoule

Kalau ini seringnya ditemukan pada produk Korea. Biasanya kandungan bahan aktifnya paling banyak dibanding yang lain, bahkan dari serum. Sehingga harganyapun paling mahal ketimbang serum. Tekturnya sendiripun paling cair dan gampang menyerap dibanding yang lainnya. Pemakaiannyapun biasanya dianjurkan untuk dikombinasikan dengan serum atau essence sejenis yang akan membantu menyelesaikan permasalahan wajah Anda lebih cepat dari biasanya.

Dalam produk Korea bentuk ampoule dikemas dalam botol yang menyerupai botol serum. Akan tetapi pada produk produksi lainnya banyak juga ditemui ampoule dalam bentuk ampul sebenarnya yang dikemas untuk sekali pemakaian.

 

Nah, sekarang sudah tahukan bedanya masing-masing dari jenis produk di atas? Masih bingung? Jangan takut. Sebenarnya hal tersebut kembali lagi ke merek yang kita mau beli.