Merencanakan Keuangan Dimulai Dari Rumah

Saya selalu percaya segala hal baik itu bisa dimulai dari rumah. Sejak kecil, rumah telah menjadi tempat belajar pertama bagi kita semua. Nah, urusan keuangan pun ternyata demikian. Apa saja kebiasaan baik tentang keuangan yang bisa mulai diterapkan dari rumah?

1. Uang kembalian

Dimana saja Anda menumpuk uang kembalian? Saya sendiri punya satu kotak sepatu yang dijadikan tempat untuk menumpuk uang receh dan uang pecahan Rp. 1000 hingga Rp. 2000. Anda bisa terkejut untuk menemukan harta karun hingga jutaan rupiah! Jadikan uang ini sebagai penambah jatah rekening investasi.

2. Declutter your closet

Riset dari Ruby Inc. pada tahun 2012 mengatakan bahwa rata-rata orang hanya menggunakan 21% dari isi lemarinya. Bayangkan betapa banyak “harta karun” yang Anda simpan di dalam rumah. Pisahkan pakaian, sepatu, aksesoris yang sudah tidak digunakan dan ikut garage sale seperti yang sering diadakan oleh Female Daily Network.

3. Plan your grocery shopping

Membiasakan punya rencana belanja untuk harian dan mingguan pasti akan menghemat pengeluaran bulanan Anda. Apalagi, jika Anda terbiasa membuat menu dan minta asisten rumah tangga yang belanja, pasti hasil belanja akan sesuai dengan daftar. Coba saja, jika Anda yang belanja sendiri ke supermarket, hanya niat beli 5 barang, pasti jadinya 10!

Mulai melakukan 3 hal diatas bisa jadi merupakan awal perubahan kondisi keuangan Anda. Saya percaya banyak hal-hal sederhana lainnya yang membawa dampak positif terhadap hidup kita semua. Financial planning also starts from home.

Live a beautiful life!