FashionPedia: What is Saffiano Leather?

Pasti semuanya, terutama pecinta tas, sudah familiar ya dengan istilah saffiano. Tapi banyak yang mengira kalau saffiano adalah model tas keluaran Prada karena merek tersebut sering memakai istilah ini. Padahal, saffiano itu adalah jenis atau tekstur kulit yang dihasilkan dari sebuah proses finishing.  Kabarnya memang proses finishingnya sudah dipatenkan oleh Prada. Tapi merek lain sekarang juga banyak yang memakai jenis kulit ini seperti Michael Kors, Tory Burch, Salvatore Ferragamo, Kate Spade dan banyak lagi.

Nah, seperti apa sih kulit saffiano ini? Coba cek gambar di bawah ini, deh. Pasti langsung ngeh dengan ciri khasnya.

 

 

 

Terlihat jelas kan guratan atau garis diagonal di kulit saffiano ini?  Jadi memang kulitnya bukan yang mulus polos tapi sudah dicetak dengan design yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai crosshatch design.

Biasanya kulit saffiano dipakai untuk tas laptop atau tas kerja karena teksturnya yang kokoh membuat tas terlihat lebih structured. Kulit saffiano juga lebih siap tempur, dalam arti nggak akan gampang tergores atau kotor. Pas sekali untuk kita yang mungkin sering kurang berhati-hati terhadap tas.