Mari Ambil Bagian di Festival Gerakan Indonesia Mengajar

Walaupun di 2012 sudah ditetapkan Wajib Belajar 12 Tahun, dan sejak era Presiden Soeharto bahkan sudah ada Wajib Belajar 9 Tahun, tidak semua anak di Indonesia beruntung untuk mendapatkan pendidikan.  Kurangnya tenaga kerja dan daerah yang terpencil yang jauh dari berbagai macam akses, dana, dan materi umumnya menjadi hambatan paling besar.  Namun sejak 2009, ada gerakan Indonesia Mengajar yang saya rasa sudah mulai familiar di telinga kita semua.  Indonesia Mengajar berhasil menjangkau beberapa pelosok daerah yang memang minim tenanga pengajar untuk membantu dan memberi pendidikan untuk anak-anak Indonesia. Gerakan ini tentunya tidak lepas dari sosok para Pengajar Muda yang rela, mau, dan bersemangat untuk pergi mengajar anak-anak di berbagai macam daerah.

Ada juga Kelas Inspirasi, bagian dari Indonesia Mengajar yang mengajak para professional untuk mengajar sehari dan memberi inspirasi untuk anak-anak Indonesia.  Kebanyakan anak-anak hanya tahu profesi dokter, polisi, insinyur.  Belum tentu mereka tahu pekerjaan seorang editor atau web developer, mungkin juga ada yang tidak terpikir kalau fotografer itu juga profesi.  Dan kalau mau dihitung sudah pasti banyak profesi yang anak-anak itu belum tahu.  Hanzky ikut bagian dalam Kelas Inspirasi Februari lalu, ceritanya bisa dibaca di sini. Lita, Managing Editor Mommies Daily juga menyusul ambil bagian pada bulan Juni, ceritanya bisa dibaca di sini. Saya jamin kalau baca cerita mereka atau pun pengalaman orang lain yang pernah terlibat di gerakan Indonesia Mengajar ini kita jadi ikut terdorong untuk ambil bagian.

Lalu kita bisa membantu, mengambil bagian, dan berkontribusi lewat apa?  Kalau menjadi pengajar muda atau ikut Kelas Inspirasi belum bisa masuk ke agenda, langkah awal bisa dimulai dengan ikut serta dalam Festival Gerakan Indonesia Mengajar yang akan diadakan pada 5 – 6 Oktober, di Ecovention Hall Taman Impian Jaya Ancol. Bukan festival musik, tapi serunya tetap seru festival! :D

Ada 3 sesi waktu dan 10 wahana di Festival Gerakan Indonesia Mengajar nanti. Kita bisa memilih waktu dan wahana yang sesuai dengan kemampuan kita. Bagi yang ingin membantu membuat Kartupedia yang berisi informasi menarik untuk anak-anak bisa membantu di wahana tersebut, bagi yang ingin membantu mengemas buku untuk dikirimkan ke sejumlah SD yang ada di Indonesia bisa turun ke wahana Kotak Cakrawala. Bagi yang suka berekspresi dan bermain dengan imajinasi bisa mendongeng untuk anak-anak Indonesia lewat wahana Teater Dongeng.  Silakan pilih sendiri wahananya dan kerjakan semampunya! :)

Ayo, ajak keluarga dan teman untuk ikut ambil bagian di Festival Gerakan Indonesia Mengajar.  Informasi lengkap bisa dilihat di situs Festival Gerakan Indonesia Mengajar dan thread ini. Untuk mendaftar, klik link ini.

Tidak perlu menunggu orang lain atau golongan untuk memulai sebuah aksi, cukup dengan cara kita, mengerjakan talenta dan karunia yang kita punya, untuk memanusiakan manusia lain, dan menyalakan lilin.

kutipan diambil dari situs FGIM.