Yay or Nay: Using More Than One Serum in One Go

Salah satu produk perawatan wajah yang menurut saya sangat manjur dan terlihat jelas hasilnya adalah serum! Kenapa? Karena serum memiliki kandungan yang lebih terkonsentrasi dan dapat terpenetrasi sampai ke dalam lapisan kulit sehingga bekerja lebih cepat dan terbukti efikasinya. Jadi tidak heran kalau saya sangat tergila-gila akan produk serum. I keep on buying more and more serums like there’s no tomorrow. Sampai akhirnya ada satu titik di mana saya memiliki 3 sampai 5 serum dalam satu waktu.Crazy, I know!

Kenapa sampai saya memiliki serum sebanyak ini? Karena untuk permasalahan kulit yang sudah nampak jelas, saya akan mengandalkan serum untuk menangani masalah tersebut. Terkadang masalah tersebut dengan tidak sopannya datang sekaligus bersamaan. Contohnya, saya memiliki kulit sangat kering juga noda bekas jerawat, apabila saya hanya memakai brightening serum maka kulit saya akan tambah kering dan nantinya akan tampak kusam. Oleh karena itu pada saat bersamaan saya akan memakai hydration serum.

Sebenarnya boleh tidak, sih, memakai dua serum sekaligus dalam satu pemakaian?

Jawabannya ya dan tidak. Banyak skincare brands yang tidak menyarankan hal tersebut karena takut kandungan aktif yang terdapat di dalam masing-masing serum akan saling menetralkan satu sama lain. Namun, sebenarnya asal kita tahu mana yang harus dipakai terlebih dahulu maka tidak apa-apa. Apalagi dalam penggunaan serum SK-II, hal tersebut sah-sah saja dilakukan. Karena selain kandungan jagoan mereka, Pitera, terdapat dalam semua produk SK-II, bahan-bahan aktif lain di rangkaian perawatan SK-II saling bisa bekerjasama. Tetapi, kembali lagi: asal kita tahu mana yang dipakai terlebih dulu. Oleh karena itu, biasanya saya meluangkan waktu untuk datang ke counter dan berkonsultasi dengan Beauty Consultant untuk mengetahui serum mana yang harus saya pakai terlebih dahulu.

Apakah sama efektifnya pemakaian dua serum sekaligus?

Serum-serum SK-II tetap efektif jika dipakai secara berbarengan karena fungsi masing-masing berbeda dan meresap langsung ke dalam kulit menuju sasaran yang bermasalah.

Bagaimana aturan dasarnya kalau ingin mengkombinasi dua serum sekaligus?

Biasanya serum yang bekerja untuk lapisan paling dalam yang terlebih dahulu dipakai. Atau serum yang partikelnya lebih halus. Akan tetapi, untuk amannya seperti yang saya biasa lakukan di atas, lebih baik berkonsultasi dengan Beauty Consultant langsung, jadi tidak menerka-nerka jawabannya. Skincare step could be a bit confusing.

My serum layering recommendation

Nah, kalau dari saya sendiri biasanya ada dua rangkaian serum dari SK-II yang saya pakai secara berbarengan:

1. Untuk kulit kering dan kusam: SK-II Repair C & SK-II Cellumination Essence EX

2. Untuk brightening routine: SK-II Whitening Spots Specialist, Cellumination Essence EX, Whitening Spots Specialist Concentrate

Bagaimana dengan Anda sendiri, apakah suka mengombinasikan serum SK-II? Dan biasanya, serum apa yang dipakai?