Self-Parking Car? We’re Not Joking!

Mobil bisa berhenti dan parkir paralel sendiri?  Memangnya di sini ada?  Ada!  Kalau pernah melihat iklan All-New Ford Focus di televisi pasti Anda sudah tahu. :)

Ford Indonesia mengundang beberapa media untuk mencoba langsung berbagai macam fitur canggih dan kenyamanannya di Bandung awal bulan Mei ini.  Saya sendiri belum pernah mencoba duduk dan mengendarai All-New Focus, dan di Media Ride & Drive with All-New Ford Focus inilah saya mendapat kesempatan untuk bisa menjajalnya langsung.  Satu hari di Bandung diisi dengan mengunjungi Bosscha, Villa Isola, Indischetafel, dan juga Fourspeed Metalwerks.  Dan tentunya ada juga group competition, di mana masing-masing kelompok “dibekali” satu mobil All-New Ford Focus dan juga diberi kesempatan untuk mencoba fitur canggihnya selama media trip ini.

Group photo :D

Sebagai wanita, ada beberapa fitur unggul di All-New Ford Focus yang membuat mobil ini tidak diragukan lagi sukses menarik perhatian saya.  Dengan harga terjangkau di segmennya (326jt – 373jt), All-New Focus memiliki fitur-fitur cerdas dan canggih yang biasanya hanya ditemukan di mobil-mobil yang berada di segmen yang lebih mahal. Mari kita lihat satu per satu fitur unggulannya.

Active Park Assist

Satu hal yang paling menonjol dari All-New Focus adalah fitur Active Park Assist.  Dengan mengaktifkan fitur ini, mobil bisa parkir paralel secara otomatis karena memiliki sistem yang menghitung lintasan sehingga kita tidak perlu mengatur kemudi, cukup mengatur gas rem saja.  As simple as that. Sebagai wanita, saya bisa, sih, parkir paralel.  Tapi jujur saja memang butuh beberapa kali mencoba sampai posisi parkir paralelnya itu tepat.  Terkadang kurang minggir, kurang ke kiri sedikit, atau belum lurus.  Pusing memang kalau harus parkir paralel, kalau nggak terpaksa, sih, saya pilih parkir biasa saja.  Namun di situasi tertentu (baca: kalau parkiran mall sudah penuh), memang satu-satunya pilihan yang ada, ya, parkir paralel.  Emm, tapi, pria juga ada yang merasa kerepotan, kan, kalau harus parkir paralel? :D  Maka dari itu saya merasa fitur ini sangat membantu bagi semua orang.

Active City Stop

Setiap mobil All-New Ford Focus dibekali oleh sensor lidar (Light Detectionn And Ranging) yang akan mengaplikasikan pengereman jika dideteksi akan terjadi benturan dalam kecepatan rendah (sampai 30km/jam).  Terkadang, ada saja, kan, kendaraan lain yang menyerobot di depan mobil kita saat kondisi jalan raya merayap, kalau konsentrasi kita kurang, bisa saja terjadi hal-hal yang nggak diharapkan, kan?  Atau skenario lain, walaupun sudah mengetahui bahwa bahaya jika menyetir sambil menggunakan ponsel, masih banyak orang yang melakukannya.  Bukan berarti dengan fitur ini jadi membenarkan aktivitas penggunaan ponsel selama menyetir, ya, namun dengan Active City Stop, tabrakan atau benturan yang nggak diharapakan itu bisa dicegah.

Smart Keyless Entry

Dengan fitur ini, kita tidak perlu repot-repot mengunci dan membuka pintu dengan mengeluarkan kunci dari tas atau saku karena sensor di sekeliling All-New Focus bisa mendeteksi adanya kunci dan bisa membuka dan mengunci pintu saat kita menarik pegangan pintunya.  Sangat membantu, nih, untuk kita para wanita.  Fitur ini sangat membantu kalau kita sedang menggendong anak/keponakan atau di saat kedua tangan repot membawa barang belanjaan, tas, dan entah barang lain apa lagi yang bisa kita bawa, kita tidak perlu repot-repot mengubek-ubek tas untuk mencari kunci mobil atau menurunkan barang belanjaan untuk meraih kunci mobil yang ada di saku.  Biarkan saja Smart Keyless Entry ini ada di dalam tas kita. :)

Ford Power Start

Ini adalah fitur lain yang tidak kalah praktisnya.  Hanya dengan menekan tombol Ford Power Start sambil menginjak kopling atau pedal rem untuk mobil yang menggunakan transmisi otomatis, mesin menyala tanpa perlu memasukkan kunci.  Selama kunci ada di dalam kabin, mesin akan terus menyala.  Very practical, right?

Ford SYNC

Nah, bagi yang tidak bisa jauh-jauh dari ponsel karena urusan kerja dan keluarga, fitur Ford SYNC ini bisa menghubungkan hampir setiap ponsel melalui koneksi Bluetooth sehingga kita bisa menerima dan membuat panggilan telepon. Kita bisa multitasking secara aman karena tidak perlu memegang ponsel, mata tetap mengarah pada jalan dan tangan tetap memegang kemudi.  Fitur  ini bisa mengunduh buku telepon yang ada di ponsel, dan juga bisa memutar lagu-lagu yang disimpan di ponsel kita, semuanya bisa dilakukan dengan perintah suara.

Blind Spot Information System

Siapa yang sadar kalau kaca spion kita masih memiliki keterbatasan? Saya sendiri nyaris beberapa kali “terlalu akrab” dengan kendaraan di sebelah karena kendaraan itu tidak terlihat dari kaca spion.  Di All-New Focus, ada sensor radar di setiap sisinya dan akan ada lampu berwarna oranye yang menyala sebagai tanda adanya kendaraan yang tersembunyi di blind spot sehingga kita bisa lebih hati-hati saat menyetir.  Menurut saya, ini adalah salah satu fitur penting yang dapat meminimalisasi tabrakan atau benturan saat mengemudi.

All-New Focus didesain dengan Gasoline Direct Injection dan teknologi Ti-VCT, All-New Focus lebih irit bahan bakar dibandingkan mobil lain di segmennya, di mana bahan bakar langsung diinjeksi ke dalam silinder sehingga mobil bisa digunakan dengan penggunaan bahan bakar yang lebih irit.  Untuk keamanan pengguna, All-New Focus menggunakan 55% baja untuk menambah kekakuan untuk mengurangi tingkat kebisingan dan getaran sehingga sangat nyaman dikendarai.

Struktur baja ini jugalah yang membuat badan mobil lebih kuat sehingga lebih aman bagi pengendara dan penumpang di dalamnya. Untuk menambah keamanan, All-New Focus menggunakan arsitektur SPACE (Side Protection and Cabin Enhancement) Ford yang memiliki struktur penguatan lantai dan pintu untuk menahan energi benturan.  Struktur Tinity Crash Ford yang desainnya membantu mencegah benturan masuk ke ruang pengguna.  Airbag-nya pun didesain agar tidak memberikan benturan keras pada dada pengendara.

Selain itu, di All-New Focus kita bisa mengatur suhu AC masing-masing.  Pernah mengalami, kan, yang sedang menyetir merasa kepanasan, tapi orang yang duduk di sebelah kedinginan.  Nah, di All-New Focus, kita bisa mengatur suhu untuk setiap orang.  Jadi nggak perlu ribut karena AC. :D

All-New Focus menyediakan dua pilihan mesin: 2000 cc dan 1600 cc.  Ada juga pilihan transmisi manual dan otomatis di keduanya. dan tersedia juga dalam hatchback lima pintu, dan sedan empat pintu.  Tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.  :) Menggunakan mobil dengan fitur-fitur pintar yang ramah lingkungan, nyaman, dan aman digunakan rasanya impian semua orang, ya.  Semuanya bisa kita temukan di All-New Focus!