banner-detik

female daily network

FD KICKSTARTER! #4: Clickpreneurship: Online Shop Know How Bersama Dell Indonesia

seo-img-article

Awal Mei ini, Female Daily Kick Starter kembali digelar, dan temanya yang dipilih adalah ”Clickpreneurship: Online Shop Know How”, yang disponsori Dell Indonesia, dan bekerja sama dengan Start Up Bisnis dan Live Olive.

Berhubung saat ini saya memang sedang merintis usaha BumikuBatiku, jelas saja saya nggak mau ketinggalan acara ini. Apalagi seperti Female Daily KickStarter! sebelumnya yang selalu menghadirkan nar sumber yang kompeten di bidangnya, kali ini ada Mbak Riana Bismarak dari Below Cepek hadir untuk sharing soal bisnis online shop yang ia rintis.

Dan benar saja, malam itu saya banyak berguru dari Mbak Riana yang membagi beragam kiat untuk peserta yang hadir. Rasanya, saya jadi mendapatkan secercah harapan untuk menjadi entrepreneur dengan membuka bisnis online shop, hehehe. Oh, ya, jika awalnya saya pikir peserta yang hadir akan lebih banyak perempuan, ternyata nggak, lho! Banyak kaum Adam yang datang dan antusias untuk bertanya.

Waktu itu, perempuan yang memiliki rambut panjang ini bercerita bahwa setelah bekerja 16 tahun di perusahaan orang lain, dirinya akhirnya memberanikan diri untuk membuka bisnis sendiri. Karena memang senang belanja, khususnya untuk fashion items, Mbak Riana pun akhirnya membuka Below Cepek. Dimana semua barang yang ditawarkan harganya di bawah seratus ribu rupiah. Harga terjangkau namun tetap mengutamakan kualitas.

Mbak Riana bilang, bagi yang belum berani “pisah” dari main job, nggak perlu resign, kok. Toh, bisnis online shop ini bisa dikerjakan bersamaan dengan main job yang tengah kita geluti. Asalkan, keduanya bisa dijalankan dengan konsisten dan disiplin.

Ketimbang harus membuka bisnis offline, yang membutuhkan modal lebih banyak, bisnis online shop ini memang lebih murah, sih, ya? Tapi, bukan berarti modal untuk membuka online shop, murah, ya, Semakin canggih dan ‘pintar’ sistem situs yang kita pilih, modalnya tentu akan lebih besar juga.

Tapi, untuk pengusaha baru, seperti saya, dengan uang ratusan ribu bisa kok membuka ‘lapak’ dan dagang secara online. Pertama-tama, kita harus sewa domain terlebih dahulu, di mana kita bisa sewa perbulan, atau langsung lima tahun. Kita juga bisa mempercayakan pada tenaga web master.

Meskipun ada web master bukan berati kita memercayakan sepenuhnya, ya, karena ini bisnis milik kita, sebaiknya, kita harus bisa menuangkan ide kita sendiri. Situs tersebut mau didesain atau dibuat seperti apa, sih?

Dan yang terpenting lagi, bisnis yang dipilih memang sebaiknya harus lahir dari bidang yang kita sukai. “Sesuatu yang dikerjakan dengan hati memang sangat enak, kan, ya?” ujar Mbak Riana waktu itu.

Setelah itu, baru kemudian pikirkan konsep, konsep dan konsep. Dengan konsep yang kuat kita tentu akan lebih konsisten dan nggak akan melenceng dari apa yang ingin kita tawarkan. Membuat nama online shop dan tag line juga salah satu hal yang penting saat membuka online shop. Di mana kedua hal ini harus bisa merefleksikan apa yang kita tawarkan. Jangan sampai, kita mau jualan baju tapi logo yang kita pakai gambarnya kue, hahahaha, nggak nyambung, kan?

Saya pribadi, sih, sangat sepakat dengan apa yang dikatakan Mbak Riana. Makanya, belum lama ini saya juga sedang belajar membuka bisnis sendiri. BumikuBatiku. Dari namanya saja, pasti sudah ketahuan, ya, apa yang saya tawarkan? Pasti sesuatu yang berkaitan dengan batik. Yup, khususnya, sih, tas dan sepatu batik.

Untuk pemilihan nama online shop, Mbak Riana juga menyarankan agar nggak usah memilih nama ribet, dengan begitu akan lebih mudah diingat. Hal lain yang nggak kalah penting adalah melihat sasaran pasar online shop kita. Mulai dari usia, hingga pekerjaan mereka.

Kalau ada ingin mulai bisnis online shop, saat ini Female Daily juga sudah bisa memfasilitasinya, lho. Soalnya sekarang sudah ada Clozette Daily yang  merupakan gambaran salah satu platform online shop yang ada Female Daily. Di sini, kita akan lebih mudah untuk berjualan karena sudah sangat terorganisir dan sangat informatif.

Pastinya, Syita yang mewakili Clozette Daily mengingatkan bahwa semua barang-brang yang dijual harus original. Nggak ada, deh, istilah barang KW ataupun KW super, hehehehe. “Supaya kita semua bisa sama-sama belajar menghargai barang yang orisinal,” ungkapnya saat itu.

Nah, berhubung bulan Juni sudah di depan mata, saya sudah nggak sabar untuk mengikuti Female Daily KickStarter lagi. Bulan Juni temanya adalah “Protection & Insurance: Who Needs It?” dengan pembicara Ligwina Hananto dari QM Financial.

Setelah belajar tentang apa saja yang saya butuhkan untuk membuka online shop, di Female Daily KickStarter! berikutnya saya akan bisa mengetahui apa saja jenis dari beragam proteksi. Dengan begitu, saya pun jadi bisa memilih mana yang cocok dan saya butuhkan. Untuk informasi lengkapnya bisa klik di sini, ya: http://www.femaledaily.com/fdkickstarter/

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment