Different Types of Cleansers According to Your Skin Type

Kulit yang sehat dimulai dari membersihkan wajah dengan cara yang benar. Saya yakin sekali dengan hal tersebut. Karena, kalau kita tidak membersihkan kulit dengan benar, walaupun kita menggunakan beragam produk perawatan wajah tapi hasilnya tidak maksimal karena produk-produk tersebut tidak akan terserap sempurna oleh kulit kita.

Dari skincare Jepang saya belajar mengenai double cleansing Рproses membersihkan wajah melalui dua langkah, yaitu dengan membersihkan makeup atau produk waterproof lainnya seperti sunscreen dan kemudian dilanjutkan dengan cuci muka. Kalau ingin tahu lebih lanjut mengenai double cleansing bisa dibaca lebih lanjut di artikel tersebut, karena sekarang saya ingin membahas lebih lanjut mengenai langkah pertama dari double cleansing tersebut, yaitu cleanser.

Cleanser yang paling kita jumpai di pasaran adalah cleansing milk, tapi ternyata masih banyak tipe cleanser yang lain, lho, yang bisa kita pilih berdasarkan tipe kulit kita atau kebiasaan kita bermakeup. Produk apa saja sih yang bisa kita pilih?

1. Cleansing Gel: Untuk semua tipe kulit

Biasanya cleansing gel memiliki bahan dasar air, sehingga cocok digunakan oleh semua jenis kulit, bahkan mereka yang memiliki jenis kulit kering dan berminyak sekalipun. Teksturnya sedikit kental tapi sedikit oily membuatnya dengan mudah lumer ketika menyentuh kulit. Jenis cleanser tersebut digunakan harus pada saat kulit dalam keadaan kering sehingga dapat mengangkat kotoran maupun makeup serta sunscreen yang Anda gunakan. Produk-produk tersebut akan membaur dengan cleansing gel pada saat Anda memijatnya di muka Anda. Karena tersebuat dari bahan dasar air produk tersebut akan membuat kulit Anda terasa kenyal setelah mencucinya, apalagi kalau menggunakan air hangat pada saat membasuhnya. Karena alasan tersebut juga, cleansing gel adalah pilihan cleanser yang tepat untuk mereka yang memiliki mature skin. SK-II Facial Treatment Cleansing Gel secara khususnya saya sukai karena terbuka membuat kulit saya terasa lembap setelah dibasuh tapi tidak berlebihan.

2. Cleansing Milk or Cream: Kulit kering, dehidrasi dan sensitif

Saya adalah orang yang termasuk dalam golongan kulit dengan tipe seperti ini. Karena kulit kering dan sensitif biasanya sangat gampang bereaksi terhadap produk yang terlalu ‘keras’, oleh karenanya perlu produk yang menenangkan kulit sebelum mulai ke langkah selanjutnya dalam perawatan wajah. Tekstur milky produk tersebut memberikan rasa kenyamanan pada kulit pada saat kita sedang membersihkannya. Tidak terasa terlalu melebapkan maupun terlalu berminyak, hal ini pula yang saya rasakan pada saat saya menggunakan SK-II Facial Treatment Cleansing Cream . Just right! Terpenting, penggunaan produk tersebut tidak akan membuat kulit Anda terasa kering dan kencang pada saat memakainya.

3. Cleansing Oil: Untuk mereka yang menggunakan makeup

Current favourite is of course the SK-II Facial Treatment Cleansing Oil. Karena saya sedang menggunakan rangkaian produk SK-II jadi tidak heran, sampai cleanser-pun saya memakai produk dari SK-II. Walaupun untuk tipe kulit saya yang kering dan sensitif cleansing milk atau cream sebenarnya lebih baik, tapi karena hampir setiap hari saya menggunakan foundation dan makeup lainnya oleh karena itu saya lebih memilih untuk menggunakan produk tersebut. Produk tersebut selain dapat mengangkat makeup waterproof sekalipun (yeap, even waterproof eyeliner and mascara) dan juga dapat membersihkan pori-pori! Sounds so perfect isn’t it? Dan yang paling baik adalah produk tersebut bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Bahkan kulit berminyak sekalipun, loh! Gunakan pada kulit kering dan pijat-pijat produk sampai keseluruh wajah sampai semua makeup yang kita pakai lumer. Setelah itu basahkan tangan dan pijat-pijat wajah kembali sehingga cleansing oil teremulsifikasi – bisa dilihat ketika teksturnya yang berminyak berganti menjadi seperti air. ¬†Setelah itu, basuh bersih dengan air. Done!

So, ladies, what type of cleanser are you using at the moment?