Superfood Ingredients for Your Juice

Dari akun Instagram Nadya Hutagalung, saya perhatikan kalau dia suka menambahkan bahan lain seperti rice milk, flax seed, chia seeds, dll. Bahan-bahan yang namanya asing di telinga saya dan baru pernah saya dengar. Setelah googling, ternyata sebagian bahan-bahan tersebut adalah super foods yang mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Sayangnya tidak semua bahan tersedia di Indonesia, akhirnya saya mencoba 3 bahan berikut:

top: ground flax seed – chia seeds
bottom: oatmeal (this is not superfoods) – maca root powder

  1. Chia Seeds, biji-bijian yang berasal dari tanaman perdu yang berasal dari Mexico. Chia seeds ini gluten free, kaya omega 3, tinggi anti ksidan, mempunyai kadar kalsium 5x lebih tinggi dari susu, mengandung zat besi 3x lebih tinggi daripada bayam, menyeimbangkan kadar gula dan baik untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku. Cara paling mudah mengonsumsi chia seeds adalah menambahkan 1 sendok teh chia seeds ke jus jeruk. That’s what I do almost everyday. Ketika chia seeds bercampur dengan air, maka ia akan berubah bentuk mirip seperti biji selasih. Tapi chia seeds tidak sama dengan biji selasih. Jika ingin menambahkan chia seeds ke dalam smoothie, sebaiknya digiling terlebih dahulu supaya agak halus.
  2. Flax Seed, sejenis biji-bijian yang mirip dengan biji bunga matahari. Flax seed kaya akan omega 3, mengandung kadar serat yang tinggi, dan dapat menekan kadar kolesterol jahat. Flax seed dapat digiling terlebih dahulu sebelum dicampurkan langsung ke dalam jus. Sebaiknya flax seed digiling secukupnya sesuai dengan kebutuhan tiap kali membuat jus. Apabila ada sisa dari flax seed yang sudah digiling, sebaiknya disimpan di dalam wadah kedap udara kemudian disimpan di kulkas. Biasanya saya menambahkan flax seed pada tahap akhir memblender jus.
  3. Maca Root Powder, sejenis ginseng dari Peru, baik untuk mengurangi stres, memperlambat proses penuaan, meningkatkan fungsi otak, mengurangi gejala PMS, meningkatkan stamina, meningkatkan dorongan seksual pada wanita (maupun pria ;)). Cara mengkonsumsi maca root selain ditambahkan ke dalam jus, juga bisa mencampur ¼-1/2 sendok teh maca powder dengan kopi atau teh. Gampang banget, kan? Bahkan yang ngga suka minum jus pun bisa mengonsumsi maca powder.

 

Walaupun kecil dalam ukuran, tetapi tiga bahan di atas manfaatnya ternyata sangat besar dan patut dicoba. So, next time you want to make a juice, try to put one of these ingredients.