Skincare in your 20s, 30s & 40s

Kalau waktu itu saya sudah pernah membahas mengenai kapan sebaiknya memulai memakai perawatan wajah yang dikhususkan untuk anti-ageing, yang terdengar sangat terpaku pada usia, mungkin sudah saatnya sekarang saya membahas produk apa saja, sih, yang diperlukan untuk kulit berbagai usia. Pada dasarnya memang sebaiknya produk perawatan wajah dipilih sesuai dengan problematika kulit, akan tetapi secara umum ada beberapa permasalahan yang biasanya dialami oleh grup usia tertentu.

Ingin tahu permasalahan apa saja yang biasanya dihadapi oleh berbagai macam grup usia? Of course I would include some product recommendations too :)

Usia 20-an: Pencegahan

Di usian 20-an, kulit kita memang sedang dalam kondisi prima. Tapi ingat, nothing lasts forever, darling! Jadi, ini adalah saatnya untuk mencegah. Intinya adalah pencegahan, yang artinya mencegah kondisi kulit kita menjadi lebih buruk dengan cara menjaga kulit kita terhidrasi dengan baik, karena kulit yang tidak terhidrasi dengan baik bisa menyebabkan tekstur kulit menjadi buruk, kusam serta awal mulanya muncul kerutan halus. Tapi, hindari krim yang terlalu rich secara tekstur karena ini akan terasa terlalu berat untuk kulit di usia tersebut. Kecuali, kalau kulit Anda memang dehidrasi dan sangat kering.

Biasanya juga, kulit di usia 20-an sedang dalam masa perubahan. Bisa jadi yang dari kering menjadi berminyak, atau sebaliknya. Banyak juga masalah seputar jerawat timbul. Kenali sejak awal kondisi kulit kita sehingga tahu pelembap apa yang tepat untuk tipe jenis kulit kita.

Pelembap seperti SK-II Facial Clear Solution dan Facial Treatment Milk adalah pilihan yang cocok karena teksturnya ringan dan bisa menjaga kelembapan kulit yang masih dalam kondisi prima. Untuk kulit yang berminyak baiknya menggunakan SK-II Facial Clear Solution, sedangkan untuk kulit normal dan kering bisa menggunakan SK-II Facial Treatment Milk.

Jangan lupa juga untuk menambahkan sunscreen ke dalam rutinitas perawatan wajah Anda, karena ini adalah langkah awal untuk mencegahan yang sangat ampuh. UVA dan UVB adalah faktor utama dalam penuaan dini dalam kulit, so it’s very important to use it as early as possible.

Usia 30-an: Perawatan

Adalah usia yang tepat untuk menambahkkan perawatan yang lebih intensif seperti misalnya serum yang membantu mengatasi masalah yang sudah mulai timbul di permukaan kulit kita seperti misalnya garis halus dan kulit yang mulai terlihat kusam. Pilih serum sesuai dengan permasalahan Anda. Biasanya serum yang lebih spesifik menghadapi permasalahan kulit akan lebih menjawab permasalahan Anda. Di usia 30-an biasanya mulai muncul masalah yang berhubungan dengan penuaan dini, dan pada kulit Asia pada umumnya masalah yang muncul terlebih dahulu adalah bintik hitam di wajah serta kulit yang terlihat mulai kusam dan rona wajah yang tidak rata.

This is actually a matter that is close to heart, karena saya sendiri berada di grup usia tersebut. Dua serum andalan saya adalah SK-II Whitening Spot Specialist dan Cellumination Essence EX. Masing-masing memiliki keunggulannya sendiri. SK-II Whitening Spot Specialist yang pernah saya bahas di sini adalah andalan saya apabila sedang memiliki masalah noda hitam pada wajah – apalagi bekas jerawat – dan juga hiperpigmentasi lainnya. Sedangkan SK-II Cellumination Essence EX adalah pilihan yang tepat apabila merasa kulit Anda terasa kusam dan tidak cerah. Masing-masing memiliki rangkaian produk lengkap mulai dari lotion – atau lebih dikenal sebagai toner – dan juga moisturiser.

Tapi, baik adanya menambahkan krim malam yang berasal dari lini anti-ageing, karena biasanya krim malam dari lini tersebut bekerja dua kali lebih baik dalam membantu regenerasi sel kulit kita dan juga malam hari adalah waktu yang baik untuk sel kulit kita beregenerasi. Baru-baru ini saya mencoba produk keluaran terbaru dari SK-II yaitu Stempower moisturiser karena sedang ramai dibicarakan di forum Female Daily. Biasa deh, termakan review para FD-ers :). Ternyata produk ini memang terbukti bisa membuat kulit terasa lembap dan juga mengatasi fine lines yang mulai muncul di wajah. Bahkan, moisturisernya juga masuk kedalam daftar FD Best of Beauty Products 2012 for Skincare!

Usia 40-an: Perbaikan dan Perawatan Intensif

Usia 40-an sangat penting untuk mulai memakai perawatan anti-ageing secara intensif. Mulai dari serum, krim pagi dan malam. Fokus benar pada beragam produk yang dapat membangun kembali elastisitas kulit dan juga menyamarkan kerutan di wajah. It’s time to put it all out! Dari mulai cleanser yang memang terasa lebih memberi hidrasi, toner yang mengembalikan kelembapan kulit setelah dibersihkan, sampai dengan serum dan juga krim yang memang benar-benar bekerja secara efektif mempenetrasi kulit.

It’s time to splurge! And that’s why I choose SK-II LXP – the ultimate luxury cream! Kenapa saya menyukai cream ini? Walaupun saya belum memasuki usia 40-an but as a beauty junkie, I’m dying to try this cream. Dengan kombinasi 15 kandungan unik dan juga sangat powerful, serta memiliki konsentrasi Pitera 8x leih banyak dari produk lainnya, produk tersebut memberikan hasil maksimal untuk berbagai macam permasalahan kulit hanya dengan menggunakan satu produk – diantaranya fine lines, discolouration, hyperpigmenation, suppleness and hydration.


Satu hal yang perlu diperhatikan adalah pada usia tersebut, regenerasi sel kulit kita sudah tidak begitu baik lagi. Jadi ada baiknya menambahkan produk-produk yang menjanjikan regenerasi kulit sehingga kulit tetap tampak cantik. Seperti halnya peeling mask yang mengangkat sel kulit mati atau daily chemical exfoliator ataupun weekly chemical exfoliator. Dengan terangkatnya sel kulit mati, maka regenerasi sel kulit baru akan lebih mudah.

 

Nah, sekarang setelah Anda tahu betul apa yang diperlukan untuk kulit Anda, it’s time to build your routine accordingly, girls.