Review: 2 Hijab Instan Untuk Olahraga

Semangat untuk ber-Fit N Fab with your hijab!

Hijab yang bagaimana, sih, yang nyaman digunakan saat berolahraga? Jawabannya mungkin sedikit bervariasi, tapi paling tidak menurut saya yang paling penting ada 3 hal. Pertama, praktis dan mudah digunakan, salah satu syaratnya; tanpa semat apa pun. Kedua, tidak membatasi gerak, artinya bagaimanapun hebohnya gerakan kita, hijab tersebut tetap di posisi dan tidak membuat kita repot. Dalam hal ini bisa jadi ukurannya lebih kecil daripada hijab sehari-hari. Ketiga, terbuat dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Ah, tetap saja, ada faktor terakhir yang juga tidak kalah penting;

Banyak hijab instan yang mungkin sudah cukup nyaman untuk digunakan saat berolahraga, sehingga kebutuhan hijab khusus olahraga atau sporty hijab seakan belum muncul. Namun inovasi tetap harus dilakukan, bagaimana produsen membuat modifikasi model hijab yang benar-benar cocok dan nyaman untuk berolahraga dan berkeringat ;)

Tapi sudah ada, lho, brand busana muslim yang membuat inovasi sporty hijab, di antaranya adalah Zoya dan Square. Let’s take a look.

1. Bergo Eropa dari Zoya

Thanks to this thread di subforum Muslim Outfitter, beberapa member memberi rekomendasi sporty hijab, salah satunya adalah Bergo Eropa dari Zoya. Pada awalnya penemuan model bergo ini memang terinspirasi dari model hijab yang banyak digunakan di Eropa, yang membingkai erat wajah. Ternyata hijab ini juga sangat cocok untuk berolahraga.

Modelnya seperti hijab instan biasa, hanya mempunyai semacam ‘bandana’ yang nyambung dengan hijabnya. Cara menggunakannya juga agak tricky, seperti yang saya perlajari di video tutorial Zoya.

 

Cara memakai bergo eropa. Triknya: bergo dibalik lebih dahulu sehingga jahitan di dalam berada di luar, baru masukkan lubang bandana ke leher. Setelah itu, mudah!

 

Bahan yang digunakan adalah lycra, yang dikembangkan sendiri oleh Zoya. Materialnya hampir mirip dengan spandeks yang biasa kita temui, tetapi lebih lembut, dingin dan nyaman. Bahan lycra ini juga digunakan oleh Zoya di hampir semua koleksi basic-nya. Cara penggunaannya agak membingungkan di awal, bagaimana menempatkan bandana yang nyambung dengan bergonya. Tetapi setelah beberapa kali pemakaian akan terbiasa.

Bergo ini melekat erat di kepala, namun tetap nyaman karena bahannya yang elastis. Dengan model sedemikian rupa sehingga bingkai wajah yang masih bisa disesuaikan, . Bagian leher juga cukup nyaman dan terlihat proporsional, tidak melebar. Saya juga cukup puas dengan performanya saat dipakai untuk berolahraga, tidak mudah bergeser. I think I’ll have this for my next swimming exercise.

Dengan harga hanya IDR 39,000 (wow!), bergo ini wajib dimiliki!

 

2. Instan Sport dari Square

Model sport hijab ini sudah diluncurkan oleh Square sejak 2 tahun lalu, namun tidak banyak yang mengetahuinya. Modelnya yang terlihat ‘rumit’, hingga rasanya semua yang membeli harus menanyakan, “Bagaimana cara pakainya?”

 

Cara memakai Instan Sport. Pakai seperti memakai inner ninja biasa, selebihnya hanya memasukkan lubang tangan dan jangan lupa menyelipkan sisa hijab bagian belakang ke dalam lubang yang ada, sehinga membentuk ponytail.

 

Materialnya sangat nyaman, campuran katun dengan spandeks sehingga lebih menyerap keringat dibanding bergo zoya. Dengan ketebalan/ketipisan yang pas, sehingga cukup ringan walaupun bentuknya lebih besar dan lebar. Pada dasarnya, cara penggunaannya sama dengan inner ninja biasa, dengan tambahan lubang lengan.

Idenya adalah, memakai hijab ini terlebih dahulu, setelah itu kita memakai jaket/sweater olahraga yang ditutup hingga tengah dada. Sehingga kurang nyaman bila dikenakan dengan kaos olahraga biasa. Akhirnya penggunaannya jadi kurang praktis karena harus dipakai terlebih dahulu, dan tidak bisa dilepas begitu saja sewaktu-waktu. Hmm, andaikan lobang lengan tersebut dihilangkan, mungkin hijab ini bisa lebih sering saya gunakan untuk joging dan bersepeda.

Satu kelebihan lain dari hijab ini, adalah modelnya yang sangat sporty dan stylish, dengan model yang menyerupai ponytail di bagian belakang. Pretty fun!

Dengan harga sekitar IDR 179,000 tetapi belum cukup praktis sebagai sport hijab, rasanya kita perlu menunggu inovasi lain dari Square yang lebih wearable ;) What do you think?

 

  • http://www.facebook.com/maulita.iqtianti Maulita Iqtianti

    Wahduuh.. sayang pas pemotretan aku ga di kantor, jd ga bisa nyoba. Aku nitip dong, Nisa, hitam yaaaaa *dikeplak*

  • ayumanis

    wah baru tau kalo di zoya ada sporty hijab,,,thanks infonya sis @ketupatkartini ;))

  • Rizqi Fathanputra

    yg hijab kedua bisa dibeli dimana yah? aku googling gak nemu sis. makasih yah :)