Makeup 101: Mineral Foundation Untuk Kulit Sensitif

Bagi yang hampir setiap hari menggunakan makeup, apakah sudah familiar dengan mineral makeup?  Di Indonesia, memang sudah ada beberapa merek yang memproduksi produk mineral makeup, seperti Clinique, Revlon, L’Oreal, CIEL, The Body Shop, M.A.C, dsb.  Tetapi yang saya lihat, minat masyarakat Indonesia belum terlalu besar.  Padahal, mineral makeup lebih aman digunakan, lho.  Bukan berarti makeup yang biasa kita gunakan sehari-hari berbahaya, namun untuk kesehatan kulit wajah, mineral makeup lebih baik untuk kesehatan kulit dan jarang sekali menyebabkan reaksi kulit yang tidak diharapkan. Apalagi untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan selalu jerawatan kalau memakai makeup, mineral makeup ini bisa jadi alternatif.

Mineral makeup adalah produk kecantikan yang dibuat dari bahan dasar mineral, oleh karena itu, produk-produknya aman dan cocok digunakan oleh semua tipe kulit, terutama untuk kulit sensitif dan acne-prone skin.  Sebagian orang yang memiliki masalah dengan jerawat memilih tidak memakai makeup sama sekali untuk mengurangi resiko semakin memburuknya kondisi kulit.  Namun ada sebagian orang yang memiliki masalah yang sama memilih mineral makeup karena ingin menyamarkan jerawat atau area merah di wajah.  Mineral makeup tidak menyumbat pori-pori, tidak mengandung pewarna, pengawet dan bahan kimia lainnya.  That’s why it’s safe for all skin types. :)

Produk mineral makeup yang menarik minat saya saat ini adalah Mineral Foundation.  Tekstur mineral foundation yang paling sering dijumpai adalah yang mirip seperti bedak tabur, namun partikel-partikelnya lebih halus lagi.   Tetapi ada juga dalam yang bentuknya mousse atau seperti pressed powder.  Ada mineral foundation yang menawarkan matte finish, dan ada juga yang menawarkan natural luminous finish.  Di wajah terasa halus dan lembut, mudah dibaurkan, serta tidak menonjolkan garis-garis halus dan tidak membuat kulit kering.  Coverage yang diberikan oleh mineral foundation mirip seperti powder foundation pada umumnya, dan kita bisa mendapatkan full coverage dengan cara mengaplikasikannya secara bertahap.  Disarankan bertahap karena jika kita langsung mengaplikasikan produk secara tebal di wajah akan terlihat cakey dan kurang natural.

Cara mengaplikasikan mineral foundation adalah dengan menggunakan brush.  Yang menjadi favorit saya adalah Flat Top Kabuki Brush karena brush seperti ini sangat mempermudah saya untuk membaurkan dan meratakan partikel-partikelnya.  Bisa juga menggunakan Regular Kabuki Brush, atau brush lain yang tebal, bahkan ada beberapa mineral foundation yang sudah menyertakan brush kecil di kemasannya.

Kelebihan yang paling terlihat dari Mineral Foundation selain cocok dan aman untuk semua jenis kulit adalah partikel-partikelnya yang cepat menyerap di kulit.  Terbayang, kan, setelah mengaplikasikan di wajah, kita tidak perlu menunggu lagi selama sekian detik atau beberapa menit untuk membiarkan foundation ini terserap dan menyatu dengan kulit seperti saat kita menggunakan liquid atau cream foundation. Namun, tentunya kita harus lebih ekstra hati-hati saat menggunakan mineral foundation yang teksturnya seperti bedak tabur, terutama setelah membawanya seharian di dalam tas atau makeup pouch, karena isi produknya rawan sekali berhamburan.  We don’t want to waste what’s inside.

Sudah pernah mencoba mineral foundation, Ladies?  Mana yang jadi favorit Anda?

 

 

  • disqus_B7l3oyKozz

    patut dibeli

  • verra

    jadi pengen cepet coba nih

  • Goldie Beckham

    apa bnr mineral foundation loreal di asia udah discontinue produksi mulai tahun ini??
    itu info dr spg loreal di matahari ta sabtu kemarin
    kl msh mao beli, cari dimana yah?di matahari ta uda ga ada.
    soalnya di eropa aja masih ada walau beda kemasan & beda pilihan warnanya

    thanks

  • Pingback: Wednesday Wishlist: bareMinerals Flawless Complexion Essentials Kit - Female Daily