banner-detik

female daily network

FD KICKSTARTER #2: Belajar Investasi Bersama CommonWealth Bank

seo-img-article

 

Tanggl 7 Maret kemarin, kami mengadakan FD Kickstarter #2 dengan tema “Investment 101” bersama CommonWealth Bank yang  terlaksana dengan sukses!  Senaaang sekali rasanya melihat acaranya berjalan lancar, semua peserta happy dan yang terpenting,  menambah ilmu dan wawasan.  Saya ingin mengucapkan terima kasih sekali kepada pihak CommonWealth Bank yang sudah dengan sukses membuka mata saya (dan teman-teman semua) lebar-lebar mengenai cara mengatur keuangan dan berinvestasi dengan baik. Benar, lho, selama ini kita (saya terutama ) tidak berpikir terlalu jauh mengenai pengaturan serta persiapan keadaan finansial pribadi kita di masa depan.  Thanks to CommonWealth Bank, saya sekarang jadi tahu apa bedanya menabung dan investasi, serta pentingnya menyiapkan dana darurat dan dana pensiun.

Sore itu, Female Daily HQ sudah mulai dipenuhi sejak pukul 6 sore.  Kami kaget sekaligus senang sekali melihat antusiasme dari peserta yang bahkan sudah sampai sejam sebelum acara dimulai. Acara dibuka oleh Hanzky, our CEO, sebagai moderator acara, diikuti oleh Mas Haviez Gautama, Head of Corporate Communication CommonWealth Bank Indonesia yang memberikan kata sambutan.  Acara kemudian langsung dilanjutkan ke sesi “Belajar Investasi” oleh Mas Edrin Sunandar, Senior Manager – Investment & Treasury Product CommonWealth Bank yang dengan sukses memberikan pertanyaan dan pernyataan yang sungguh menohok kalbu seperti: kapan saat yang tepat untuk mulai merencanakan keuangan?  Jawabannya adalah dari sejak pertama kita terima gaji!  Saya langsung keringat dingin mendengarnya.   Kemudian Mas Edrin juga memerlihatkan ilustrasi biaya pendidikan anak dari tahun ke tahun yang ternyata naiknya bisa sampai 10% setiap tahunnya! Waduh, makin banyak keringat dingin saya yang keluar.  Saya langsung teringat pengeluaran-pengeluaran tidak penting zaman dulu.  Memang kadang-kadang kita harus dipaksa untuk melihat kenyataan seperti ini, ya, supaya serius memikirkan kondisi finansial masa depan.

 

Pada sesi ini juga dijelaskan bahwa investasi tidak harus mahal.  Salah satu investasi yang mudah dan terjangkau adalah Reksa Dana (RD).  RD banyak manfaatnya, selain terjangkau (mulai dari Rp 100.000 per bulan), RD juga dikelola oleh manajer investasi yang profesional.  Manajer investasi inilah yang membantu kita melakukan riset,  menganalisa harga efek, sampai mengakses informasi pasar modal secara langsung. Pokoknya hal-hal yang nggak bisa kita lakukan, deh, haha! Apalagi saya, yang kalau melihat angka-angka, langsung pusing.  Jadi tentunya mempunyai seorang manajer investasi akan membantu sekali dalam melakukan keputusan investasi.  Kemudian Mas Edrin juga menjelaskan risiko investasi RD, produk RD serta jenis-jenis investasi.  A really fulfilling session!


Selain belajar investasi, kami juga bisa langsung membuka rekening investasi  RD di booth CommonWealth Bank yang ada di Community Center kami. Buat yang buka rekening malam itu, langsung mendapatkan voucher MAP sebesar IDR50,000, lho.  Wuih, saya, Nopai, dan Affi tanpa ba bi bu langsung  menuju meja pendaftaran dan buka rekening investasi.  Kapan lagi bisa berinvestasi dan sekaligus belanja!  Selain bagi-bagi ilmu, Common Wealth juga membagikan door prize berupa Tabungan Harian sebesar masing-masing  Rp.500.000 untuk 2 pemenang yang beruntung. Asyik banget, kan?

 

Untuk yang belum tahu, Female Daily KickStarter! Ini adalah gathering bulanan komunitas Female Daily. Tiap bulan topik yang dibawakan berbeda –beda.  Make sure you check regularly in our website, yaaa ..!  Untuk topik Female Daily KickStarter bulan depan, bisa dilihat di sini We’ll see you soon , Ladies!


Slow Down

Please wait a moment to post another comment