banner-detik

apparel

Serba-Serbi Kostum Panggung Band K-Pop

seo-img-article

Belakangan ini, girlband dan boyband di Indonesia semakin banyak bermunculan di ranah dunia hiburan.  Dan jika kita membicarakan fenomena girlband-boyband ini, tidak bisa dipungkiri, K-POP memegang peranan penting dan juga berperan sebagai “role model” yang diidolakan oleh banyak orang, terutama remaja-remaja hampir di seluruh dunia.

Satu hal yang paling menarik perhatian adalah kostum yang para idol (begitu girlband dan boyband Korea Selatan ini biasa disebut) kenakan di panggung.   Banyak sekali variasi yang bisa kita lihat dan sebenarnya ada beberapa potongan yang bisa kita terapkan agar bisa dipakai sehari-hari.  Sebelum melihatnya, lebih baik jika kita mengerti terlebih dahulu dengan pola idol group ini.

Sekarang mari kita bayangkan, biasanya dalam satu minggu, idol group mempromosikan lagu baru mereka itu bisa tiga sampai empat kali.  Promosi di sini berarti melakukan performance di acara musik televisi yang berbeda.  Setidaknya dalam satu minggu, stylist-nya harus menyiapkan puluhan kostum, karena semakin banyak anggota di girlband tersebut, semakin banyak juga kostum yang harus disiapkan. Tidak mungkin kostum hari ini, dipakai lagi untuk dua hari berikutnya.  It’s a BIG NO NO.  Jeda yang biasanya diterapkan adalah dua minggu.

Nah, sekarang mari kita lihat beberapa kostum dari girlband Korea Selatan.  Untuk memudahkannya, saya mengategorikan menjadi tiga :

1.   Konsep Album

Setiap idol group memiliki konsep yang berbeda.  Kostum panggungnya pun harus selaras dengan lagu yang mereka bawakan.  Album baru juga berarti kostum baru.  Bisa jadi, satu girlband mengenakan kostum yang berbeda jika dalam satu kesempatan mereka dapat membawakan dua buah lagu.  Tentu saja setiap lagu memiliki temanya sendiri sehingga kostumnya pun harus menyesuaikan dengan lagu tersebut.

Kita lihat saja contoh di bawah ini.  SNSD atau dikenal juga dengan Girls’ Generation mengenakan kostum yang sangat berbeda untuk dua album terakhir mereka.  Gambar pertama adalah salah satu kostum mereka untuk lagu “The Boys”.  Tidak ada kostum yang sama, setiap personel tampil dengan gaya mereka masing-masing, tapi semuanya dikemas dengan konsep yang sama.  Fierce, elegant, chic, and bold.   Ada beberapa atasan yang saya suka dari konsep “The Boys” ini, rasanya bisa dipadu-padankan dengan skinny jeans.  Lain dengan kostum yang mereka kenakan untuk lagu terbaru mereka “I Got a Boy”, semua personil SNSD meninggalkan heels dan beralih pada sneakers.  Kostum yang mereka kenakan pun lebih playful, casual, and the show a little bit of punk side.  Lots of denims, oversize jacket, dan banyak menggunakan warna ceria di kostum serta aksesorinya.  Berbeda sekali, kan?  Sembilan orang yang sama bisa tampil dengan konsep yang sangat berbeda.

SNSD - The Boys

(more…)

Slow Down

Please wait a moment to post another comment