banner-detik

lifestyle

Money Talks: Pasangan & Keuangan

seo-img-article

The month of February is the month of love. Jadi, cocok, dong, kalau kita membahas mengenai uang dan pasangan.

Meski sebagian pasangan di dunia ini mungkin merayakan Hari Kasih Sayang, tidak ada salahnya, lho, Anda berdua mulai ngobrol soal keuangan. Jika Anda dan suami seperti kebanyakan pasangan lain, Anda berdua mungkin pernah bertengkar mengenai uang. Bahkan, menurut survei di negara-negara maju, uang adalah alasan Nomor 1 penyebab pertengkaran dalam rumah tangga.

Nah, agar hubungan Anda dengan pasangan semakin harmonis, berikut adalah 5 kiat keuangan yang bisa dijalankan saat ini.

1. Memilih Manager Keuangan

Menurut survei oleh Smart Money, 64% pasangan memilih untuk memiliki joint account yang berfungsi untuk membayar segala kebutuhan rumah tangga, 14% pasangan tetap memilih untuk memisahkan keuangan, dan 18% lainnya memilih untuk punya joint account dan juga akun individual. Tidak ada salah atau benar dalam hal ini, yang penting Anda berdua sepakat. Dan tunjuklah satu orang sebagai Manajer Keuangan yang bertanggung jawab atas rekening kebutuhan rumah tangga.

2. Melakukan Financial Check-Up

Evaluasi kondisi keuangan rumah tangga sangat penting, karena bicara tentang uang lebih banyak melibatkan emosi. Jika tidak tertulis, kebanyakan akan berkata, ”Rasanya … uang kurang, rasanya kamu boros, dan lainnya”. Coba gunakan kalkulator gratis di situsnya ZAP Finance untuk membantu Anda menghitung berapa aset yang telah dimiliki, berapa banyak utang, ke mana saja larinya penghasilan Anda, dan lainnya. Hasil akhir adalah rasio Financial Check-Up! (more…)

Slow Down

Please wait a moment to post another comment