Money Talks: Pasangan & Keuangan

The month of February is the month of love. Jadi, cocok, dong, kalau kita membahas mengenai uang dan pasangan.

Meski sebagian pasangan di dunia ini mungkin merayakan Hari Kasih Sayang, tidak ada salahnya, lho, Anda berdua mulai ngobrol soal keuangan. Jika Anda dan suami seperti kebanyakan pasangan lain, Anda berdua mungkin pernah bertengkar mengenai uang. Bahkan, menurut survei di negara-negara maju, uang adalah alasan Nomor 1 penyebab pertengkaran dalam rumah tangga.

Nah, agar hubungan Anda dengan pasangan semakin harmonis, berikut adalah 5 kiat keuangan yang bisa dijalankan saat ini.

1. Memilih Manager Keuangan

Menurut survei oleh Smart Money, 64% pasangan memilih untuk memiliki joint account yang berfungsi untuk membayar segala kebutuhan rumah tangga, 14% pasangan tetap memilih untuk memisahkan keuangan, dan 18% lainnya memilih untuk punya joint account dan juga akun individual. Tidak ada salah atau benar dalam hal ini, yang penting Anda berdua sepakat. Dan tunjuklah satu orang sebagai Manajer Keuangan yang bertanggung jawab atas rekening kebutuhan rumah tangga.

2. Melakukan Financial Check-Up

Evaluasi kondisi keuangan rumah tangga sangat penting, karena bicara tentang uang lebih banyak melibatkan emosi. Jika tidak tertulis, kebanyakan akan berkata, ”Rasanya … uang kurang, rasanya kamu boros, dan lainnya”. Coba gunakan kalkulator gratis di situsnya ZAP Finance untuk membantu Anda menghitung berapa aset yang telah dimiliki, berapa banyak utang, ke mana saja larinya penghasilan Anda, dan lainnya. Hasil akhir adalah rasio Financial Check-Up!

3. Bijak dalam Berinvestasi

Dalam hal investasi, para pria biasanya lebih suka untuk mengambil risiko untuk potensi keuntungan yang lebih tinggi. Tapi, ingatkan pasangan untuk TIDAK PERNAH mengagunkan rumah tinggal keluarga sebagai modal untuk dana bisnis. Utamakan dana darurat, dana pendidikan anak, dan dana pensiun, barulah silakan gunakan aset finansial untuk urusan yang lebih berisiko.

4. Hindari Rahasia Keuangan

Hal terburuk yang dapat terjadi dalam rumah tangga bila rahasia keuangan buruk akhirnya terungkap secara tidak sengaja. Contohnya, seorang istri yang diam-diam punya utang kartu kredit hingga ratusan juta, dan seorang debt-collector pun mendatangi ke rumah. Bentuk lain adalah salah satu pasangan diam-diam mengirimkan bantuan uang kepada saudaranya, tanpa meminta izin dari pasangannya.

5. Be Happy!

Tidak ada yang lebih buruk dari secara terus-menerus melihat pasangan mengeluh masalah keuangan. Setiap masalah pasti ada jalan keluar. Gunakan akal pikiran yang sehat, dan rasa kasih sayang dengan pasangan dalam menyelesaikan masalah. Happiness is not something you find. It’s something you create…


Live a Beautiful Life!

Prita Ghozie is the CEO & Chief Financial Planner of @zapfinance, an independent financial planning firm and an author of Best-Selling book “Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya”. Follow @PritaGhozie on Twitter for many practical financial tips. Find out more about us on www.zapfinance.co.id