banner-detik

lifestyle

What's Your New Year's Financial Resolution?

seo-img-article

I can’t belive it’s already January again! Awal tahun, selalu identik dengan membuat resolusi. Dari mulai resolusi kesehatan, keuangan, hingga resolusi karir, bisa jadi termasuk dalam daftar kita. Saya pun tak pernah luput untuk membuat resolusi, termasuk resolusi keuangan. Not only because that I’m a financial planner, but I really believe that money plays an important roles in our lives. Punya karir bagus, identik dengan penghasilan yang lumayan. Tapi, kalau tidak pandai dalam pengaturan dan perencanaannnya, semua pasti akan menguap seperti air.

Membuat resolusi keuangan sebetulnya sangat mudah. Bagian yang cukup menantang adalah membuat resolusi tersebut tetap menjadi bagian dari hidup kota hingga akhir tahun, dan mewujudkannya jadi nyata! Untuk itu, resolusi keuangan haruslah mencerminkan diri kita sejujurnya, terukur, fokus, dan memang mungkin tercapai oleh kemampuan kita.

Berikut ini adalah beberapa resolusi yang berdampak terhadap kehidupan keuangan saya dan keluarga di tahun 2013 ini.

1. Stay debt-free

Selama tahun 2012, saya berhasil untuk tidak punya utang kartu kredit sama sekali! Ini adalah pencapaian, karena di tahun-tahun lalu, kami terkadang “terpaksa” punya utang karena suami menggunakan kartu kredit untuk keperluan kantor. Sedangkan, saat tagihan datang, ternyata dana reimbursement dari kantor belum masuk. Saat jumlahnya hanya ratusan ribu rupiah, mungkin terasa biasa. Namun, saat jumlah jutaan hingga puluhan juta rupiah (suami business trip ke luar negeri), lumayan juga, kan? Masa mau ambil dana pendidikan Arzie?

(more…)

Slow Down

Please wait a moment to post another comment