What’s Your New Year’s Financial Resolution?

I can’t belive it’s already January again! Awal tahun, selalu identik dengan membuat resolusi. Dari mulai resolusi kesehatan, keuangan, hingga resolusi karir, bisa jadi termasuk dalam daftar kita. Saya pun tak pernah luput untuk membuat resolusi, termasuk resolusi keuangan. Not only because that I’m a financial planner, but I really believe that money plays an important roles in our lives. Punya karir bagus, identik dengan penghasilan yang lumayan. Tapi, kalau tidak pandai dalam pengaturan dan perencanaannnya, semua pasti akan menguap seperti air.

Membuat resolusi keuangan sebetulnya sangat mudah. Bagian yang cukup menantang adalah membuat resolusi tersebut tetap menjadi bagian dari hidup kota hingga akhir tahun, dan mewujudkannya jadi nyata! Untuk itu, resolusi keuangan haruslah mencerminkan diri kita sejujurnya, terukur, fokus, dan memang mungkin tercapai oleh kemampuan kita.

Berikut ini adalah beberapa resolusi yang berdampak terhadap kehidupan keuangan saya dan keluarga di tahun 2013 ini.

1. Stay debt-free

Selama tahun 2012, saya berhasil untuk tidak punya utang kartu kredit sama sekali! Ini adalah pencapaian, karena di tahun-tahun lalu, kami terkadang “terpaksa” punya utang karena suami menggunakan kartu kredit untuk keperluan kantor. Sedangkan, saat tagihan datang, ternyata dana reimbursement dari kantor belum masuk. Saat jumlahnya hanya ratusan ribu rupiah, mungkin terasa biasa. Namun, saat jumlah jutaan hingga puluhan juta rupiah (suami business trip ke luar negeri), lumayan juga, kan? Masa mau ambil dana pendidikan Arzie?

2. Pangkas saldo KPR jadi nol

Seperti kebanyakan keluarga muda, saya juga masih punya kewajiban KPR. Beruntung cukup teliti saat memilih KPR, saya berhasil mendapatkan pinjaman dengan fitur bisa melakukan pelunasan sebagian kapan saja tanpa kena penalti (hanya ada biaya IDR 250,000). Alhasil, saat dapat rezeki tahun 2012 lalu, kami langsung pangkas saldo KPR sebanyak 50%. Mimpinya tahun ini bisa terpangkas hingga nol.

3. Fokus pada Apa MimpiMu?

Mimpi-mimpi adalah segala keinginan yang akan membentuk rencana keuangan kami. Untuk tahun 2013, mimpi yang ingin diwujudkan adalah Naik Haji (Insya Allah bisa dapat kuota tahun ini), dan mengganti mobil. Mimpi harus tertulis, jelas berapa kebutuhan dananya, dan strategi apa yang dipakai untuk meraihnya. Saat kita jadikan tertulis atau bahkan disertai gambar, hal ini akan memotivasi kita untuk mencapainya.

Termasuk mimpi untuk beli tas baru, dong :)

4. Menambah investasi per bulan

Dengan lunasnya sebagian saldo KPR, maka setiap bulan saya punya kelebihan dana yang tadinya terikat untuk membayar cicilan. Daripada menguap tidak jelas, saya targetkan untuk menambah investasi dana pensiun yang tadinya hanya 10% dari gaji, menjadi 20%. Nah, selain itu, saya tetap meneruskan investasi untuk rencana keuangan lainnya dengan konsep HAPSARI = Hanya Perlu Selembar Aja sehaRI. You can do it too! Berapa pun uang yang Anda punya, mulailah dengan selembar sehari. Mau 2.000, 5.000, atau bahkan 10.000, itu pilihan Anda. Jangan lupa, perjuangan berinvestasi harus disertai pemilihan produk yang tepat. Nah, untuk ini, mulai tahun 2013, kita punya sesi Q & A with ZAP Finance di forum.

5. Rajin Yoga setidaknya 2x seminggu

Oh my goodness, I just realized that I haven’t been working out during 2012. So many excuses, just because I did not put it as my priorities. Mulai tahun 2013, saya harus hidup lebih sehat, karena dengan berolahraga, dana kesehatan di hari tua Insya Allah menjadi lebih kecil. Artinya … more for me to splurge on girlie stuff *yayyy!* It’s time to join the Fit N Fab movement.

Salah satu moto dalam hidup saya adalah hari ini harus lebih baik dari kemarin. Memulai tahun 2013 dengan resolusi keuangan bisa jadi merupakan langkah awal untuk menjalani hidup yang lebih indah, sejahtera, dan seimbang. So, ladies how about you? Apa MimpiMu? Apa resolusi keuangan Anda?

 

Live a Beautiful Life!




Profile

Prita Ghozie is the CEO & Chief Financial Planner of @zapfinance, an independent financial planning firm and an author of Best-Selling book “Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya”. Follow @PritaGhozie on Twitter for many practical financial tips. Find out more about us on www.zapfinance.co.id