Memilih Jeans Yang Tepat Sesuai Bentuk Tubuh

Boot Cut Jeans

Membicarakan jeans, rasanya memang sudah dekat dan lekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari, namun saya masih menemukan beberapa orang yang tidak berani memakai jeans karena merasa jeans membuat jelek penampilan mereka.  Ada yang mengatakan jeans membuat mereka terlihat gemuk, ada juga yang mengatakan bahannya terlalu tebal dan kaku sehingga tidak nyaman dipakai.  Bahkan ada yang tidak mau menggunakan model jeans kesayangannya hanya karena mayoritas wanita memakai skinny jeans sementara bentuk tubuh dia tidak menunjang jika harus memakai model itu!

Tentu saja semua wanita ingin memakai jeans yang memperindah bentuk tubuh kita.  Dengan memakai jeans yang tepat, tentu rasa percaya diri kita akan meningkat.  Apalagi, jeans memiliki model potongan yang banyak dan sekarang justru muncul warna-warni selain biru dan dark navy. Makin seru, kan?  Yang perlu diperhatikan pertama kali adalah ketahui bentuk tubuh kita masing-masing dan cari tahu jeans mana yang sesuai dan tepat untuk tipe tubuh kita.

Ini adalah keempat tipe tubuh yang paling sering dijumpai :

1. Tipe Apel

Tipe tubuh ini memiliki bahu yang lebar dan payudara yang besar. Tantangannya ada di pinggul yang kecil dan pinggang yang kurang memiliki lekukan yang jelas terlihat. Anda perlu fokus pada bagaimana caranya untuk membuat ilusi pinggang yang lebih jelas terlihat.  Boot Cut Jeans adalah pilihan yang paling aman dan sesuai karena jeans ini pas di area pinggul ke lutut dan sedikit melebar dari lutut ke bawah, potongannya akan memberikan keseimbangan pada proporsi tubuh Anda.  Jika Anda memiliki paha yang kecil, saya sarankan agar memakai jeans dengan warna yang muda atau terang karena jika Anda memakai jeans yang berwarna gelap, pinggul Anda akan semakin terlihat kecil.

Elizabeth Hurley

Straight Leg Jeans

2. Tipe Pir

Pinggul dan paha yang lebar adalah ciri-ciri tipe pir. Kebalikan dari tipe apel, tipe pir memiliki bahu sempit dan payudara yang kecil.  Bagian yang lebar adalah bagian bawah tubuh.  Mama saya memiliki tipe tubuh ini, dan keluhan terbesarnya adalah, di saat menemukan jeans yang muat dengan ukuran panggulnya, bagian pinggangnya selalu ngablak. Tahu, kan, ada bagian yang lowong di belakang, tangan bisa masuk leluasa dan terlebih lagi kalau menunduk mengambil sesuatu di lantai, bagian belakang yang “kosong” itu bisa memperlihatan bagian tubuh yang tidak perlu diperlihatkan. Boot Cut Jeans juga cocok digunakan untuk tipe Pear, karena bagian bawahnya yang sedikit melebar membantu untuk menyeimbangkan panggul dan paha yang lebar. Pilihan lainnya adalah Straight Leg Jeans yang akan membantu memberi ilusi menambah tinggi badan Anda, sehingga fokusnya tidak melulu ke panggul yang lebar.  Pilih warna yang gelap seperti hitam, abu-abu gelap, dark navy, atau coklat akan membantu memberi slimming effect.

3. Tipe Jam Pasir

Tipe ini memiliki keseimbangan lekukan, bisa dibilang tipe jam pasir adalah tipe curvy yang banyak membuat iri wanita. :) Payudara dan panggul memiliki lebar yang sama dengan proporsi yang wajar.  Namun, tipe jam pasir memiliki pinggang yang kecil.  Terkadang sulit untuk membuat siluet ramping jika Anda menggunakan busana yang body-fit atau pas badan karena lekukan-lekukan itu.  Karena itu Anda perlu memilih stretch denim jeans karena bahan ini berfungsi untuk “memeluk” lekuk tubuh tanpa terlihat terlalu kaku atau tebal.  Untuk menyeimbangkan panggul yang lebar, Anda bisa memakai Boot Cut Jeans atau Wide Leg Jeans yang modelnya lurus dari panggul ke lutut, lalu melebar dari lutut ke bawah.

 

Kim Kardashian

4. Tipe Persegi Panjang

Tipe tubuh ini tampak seperti pria yang tidak memiliki lekuk pinggang yang begitu kentara, serta pinggul dan payudara yang kecil. Namun, tipe persegi panjang ini yang paling gampang memakai berbagai macam tipe celana jeans.  This body shape can rock any jeans! Anda cukup memfokuskan usaha Anda untuk menciptakan ilusi pinggang yang memiliki lekukan dan juga menambah volume di bagian belakang. Low Rise Jeans dengan ikat pinggang yang lebar bisa membantu mendefinisikan pinggul dan pinggang Anda. Skinny Jeans juga membantu memperlihatkan pinggul dan panjang kaki Anda.  Tipe ini juga biasanya memiliki tubuh yang ramping, sehingga bisa menggunakan jeans berbagai warna.

Tidak berarti juga tipe tubuh tertentu tidak boleh dan tidak bisa memakai model jeans lain di luar yang saya sebutkan itu, bisa-bisa saja.  Saya sendiri suka memakai jeans berwarna muda yang warna-warni, padahal saya tidak memiliki tubuh ramping, hanya saja kaki saya memang panjang.  Maka dari itu, sebelum membeli memang baiknya dicoba terlebih dahulu :)

Low Rise Jeans, Wide Leg Jeans, Skinny Jeans

Selamat mencoba!