Planning My Year End’s Vacation

Salah satu hal yang paling saya suka menjelang Desember adalah datangnya waktu berlibur. Sejenak (atau beberapa jenak) melupakan stres hidup di kota besar seperti Jakarta tentu sangat menyenangkan. Terlebih sebagai working mother yang harus berakrobat dengan waktu antara mengurus kantor konsultan, suami dan dua anak yang usianya masih di bawah 8 tahun, rumah, dan tentu saja kebutuhan diri sendiri!

Sebuah studi di Belanda bahkan memberikan hasil bahwa efek bahagia yang bisa ditimbulkan oleh berlibur bisa bertahan hingga 8 minggu. Efek tersebut juga semakin panjang jika kita termasuk yang hobi mengabadikan berbagai pemandangan atau aktivitas yang dilakukan selama berlibur.

That’s why, jika Anda punya dananya dan tidak mengganggu alokasi pos investasi atau dana darurat, I’ll say go for it! Tapi, sebelum heboh merencanakan liburan yang sudah tinggal sekejap lagi, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

 

1. What’s My Budget?

Kalau sudah tinggal sebulan sebelum berlibur, panduan utama Anda dalam menentukan liburan adalah berapa banyak uang yang kita punya. Sumber uang bisa berasal dari tabungan liburan yang sudah dikumpulkan, bonus akhir tahun, atau komisi penjualan.

2. Tentukan destinasi berlibur.

Mau ke Bali, Yogya, Singapura, atau bahkan Eropa tetap harus ditentukan dari berapa banyak uang yang kita punya. Saya sangat melarang siapa pun untuk mencicil biaya liburan dengan kartu kredit, karena you’ll end up having more stress by looking at your credit card bill! Coba lihat daftar referensi berikut untuk gambaran biaya liburan akhir tahun ini.

No Paket Liburan (per orang) Harga mulai…
1 Bangka-Belitung 3D2N Rp. 3,000,000
2 Bali 4D3N Rp. 5,000,000
3 Bangkok 4D3N Rp. 7,500,000
4 Singapura 4D3N Rp. 9,000,000
5 Hong Kong 6D5N Rp. 14,500,000
6 Korea 6D5N Rp. 17,500,000
7 Eropa 10D Rp. 29,000,000
8 Amerika Rp. 30,000,000

 

3. Riset

Kumpulkan informasi seputar destinasi liburan, akomodasi dan hiburan selama disana. Saya selalu merencanakan itinerary selama berlibur dengan teliti. Lakukan riset dengan membeli travel book dari Frommer’s atau Lonely planet misalnya, browsing ke situs online, dan segala sumber informasi yang dapat berguna untuk keperluan liburan Anda. Selain itu, Anda juga menanyakan pengalaman teman yang sudah terlebih dahulu melakukan perjalanan ke destinasi tersebut.

 

4. Book Your Trip and Make Your Spending Plan

Buat spending plan dengan realistis. Alokasi uang lebih untuk pos pengeluaran yang Anda rasa penting dan demikian sebaliknya untuk pos yang kurang penting. Misalnya, suami saya sangat suka menginap di hotel bagus, tapi tidak keberatan untuk terbang dengan Budget Airlines. Pilihlah kombinasi terbaik bagi keluarga Anda. Jangan lupa pos alokasi pengeluaran berlibur terdiri dari:

  • Pengeluaran sebelum pergi: biaya visa, belanja perlengkapan, termasuk beauty products yang memastikan kulit kita tetap terjaga selama perjalanan.
  • Biaya Trip: akomodasi, tiket pesawat, tiket masuk taman hiburan, transportasi, makan (kecuali kalau beli Paket biasanya sudah termasuk).
  • Belanja & oleh-oleh: Nah, ini pos wajib tapi biasanya suka tergoda untuk over-budget.
  • Travel & Health Insurance: jangan lupa juga beli asuransi perjalanan untuk meminimalkan resiko kerugian finansial jika sampai terjadi.

 

5. Bring Cash & Credit Cards

Saat liburan saya anjurkan Anda untuk membawa uang tunai dan kartu kredit. Uang tunai harus sudah dibagi per amplop untuk setiap pos pengeluaran. Sedangkan kartu kredit dibawa hanya untuk berjaga-jaga kalau terjadi keadaan darurat.

 

So, what’s your year end holiday destination? Bali, Hong Kong, atau ke Bandung? Semua pasti menyenangkan selama bisa bersantai dan bermain bersama keluarga atau sahabat. Relax & have a  wonderful vacation.

 

Profile

Prita Ghozie is a wife & mother of two, financial planner, writer, speaker, lecturer, and an author of Best-Selling book “Menjadi Cantik, Gaya, & Tetap Kaya”. She is the CEO & Chief Financial Planner of ZAP Finance, an independent financial planning firm. Follow @PritaGhozie on Twitter for many practical financial tips, especially for women and moms.