Hijabfest 2012: A Festival Dedicated for Hijab & Muslim Fashion

Ramadan comes early? Apparently not. Yap, kemeriahan di Bandung yang dimulai kemarin adalah Indonesia Hijab Festival, atau Hijabfest 2012. Festival hijab pertama di Indonesia, yang memberi pusat perhatian pada hijab as a fashion, dan menampilkan banyak acara dan kegiatan pada satu waktu. walaupun belum bisa dibandingkan dengan sebuah fashion week, namun perhelatan ini menjadi gaung yang besar bagi kebudayaan berkerudung atau menutup aurat di Indonesia yang semakin berkembang, dan kesadaran menggunakan hijab makin meningkat di kalangan generasi muda, dan industrinya pun sangat potensial untuk digarap.

Hijabfest ini berlangsung pada 12 hingga 15 Juni 2012, bertempat di Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Acaranya pun bermacam-macam -sehingga disebut festival-, mulai dari pameran brand busana muslim, talkshow, fashion show, hijab tutorial, pertunjukkan musik, dan lomba. Dimeriahkan oleh kehadiran banyak selebritas seperti Kahitna, Zaskia Adya Mecca, Rachel Maryam, Laluna, Nia Paramitha, dan penulis Muhammad Assad.

Sayangnya sulit bagi pengunjung untuk mengetahui jadwal acara (selain pameran) secara detail. Selain tidak ada informasi tersebut di situs Hijabfest, di lokasi-pun tidak tersedia informasi jelas mengenai jadwal acara. Sebagai alternatif, pengunjung bisa mengikuti akun Twitter Hijabfest, atau brand-brand pengisi acara.

stand Wardah Cosmetics yang menyambut begitu kita memasuki tempat pameran

Hijabers treasures! Hampir semua brand baju muslim dan perlengkapannya bisa kita temukan disini, brand yang berpartisipasi rata-rata adalah desainer muda independen, yang memiliki toko online. Hari pertama saya berkunjung, rasanya klaim ‘skala nasional’ masih terlalu dini untuk disebut. Karena hampir semua booth yang berpartisipasi (hanya) berasal dari Bandung dan Jakarta. Tetapi (mungkin) justru tepat sasaran mengingat pengunjung yang datang adalah remaja dan kaum muda, dan lokasi acara yang berada dalam kompleks kampus ITB. But surely you’ll have fun, dan beberapa item pilihan berikut bisa ditemukan di Hijabfest kali ini.

Mukena Organizer di Al Fath, House of Mukena

Khusus datang dari Yogya, Al Fath yang merupakan jaringan perlengkapan muslim terbesar di Yogyakarta membawa berbagai produk inovasi utama mereka seperti Mukena Organizer dan Mukena Sutera yang sangat cantik, dan tetap bersahaja.

mukena organizer dengan beberapa kantong yang bisa memuat dompet, handphone dan kosmetik.

 

Scarf Rajut Ina’s scarf

Stand Ina’s Scarf adalah salah satu yang wajib saya kunjungi, karena ada saja produk baru khas Ina’s scarf yang colorful, bernuansa Indonesia dan sangat wearable.

 

Candy Lollypop Platform Shoes di RE Shoppe

Selain clothing dan hijab, produk yang menarik perhatian dalam hijabfest ini adalah handmade shoes! Dan platform shoes berwarna-warni cerah ini bukan hanya menarik dilihat, tetapi juga nyaman dipakai. RE Shoppe baru saja merilis mini koleksi candy lollypop platform shoes dan pertama kali tersedia dalam acara ini.

 

Cake in a Jar, the Dreamscake

Bukan Bandung namanya kalau tidak ada kuliner menarik yang bisa dinikmati atau dibawa pulang. This rainbow cake in a jar truly make my day!! Err … dan saya sarankan, datang pagi atau siang agar kebagian cake cantik ini, dan harganya pun tidak mahal, cukup Rp 25,000!


Jadi, kalau sedang berada di sekitar Bandung, jangan lupa kunjungi Hijabfest, ya.