Kebaya Cantik Untuk Hijabers

Persiapan menikah bagi seorang calon pengantin wanita, hal yang hampir menjadi paling penting adalah baju pengantin. Pilihan utama biasanya jatuh pada sehelai kebaya istimewa, yang sangat khas Indonesia. Untuk calon pengantin muslim yang mengenakan hijab, pilihan berkebaya ini bisa jadi masalah yang problematis. Desain kebaya, tradisional maupun modern, rata-rata bersiluet melekat membentuk tubuh. Pada beberapa bagian juga menggunakan kain tile yang tembus pandang. Biasanya, untuk menyiasati agar tetap ‘tertutup’, adalah dengan mengenakan kaos dalaman berleher tinggi, sebelum memakai kebaya.

Meski begitu banyak yang mengenakannya, secara estetika, penggunaan kaos ketat sebelum memakai kebaya sesungguhnya kurang sedap dipandang. Disinilah Irna Mutiara mencoba memberikan solusi bagi para calon pengantin dan muslimah pada umumnya, dengan menciptakan busana pengantin dan busana pesta yang sesuai syar’i, sekaligus manis dan anggun dilihat.

 

Dalam bukunya, New Concept Wedding Moslem, Irna menampilkan sederet baju pengantin dan baju pesta pilihan untuk muslimah. Mengambil judul New Concept, Irna ingin menunjukkan bahwa baju pengantin dan baju muslim tidak harus kebaya. Desain busananya tetap bisa bercirikan Indonesia, meski tidak mengenakan kain tradisional. Busana pengantin yang ditampilkan hampir semuanya bernuansa putih, berpotongan gaun panjang atau modifikasi kebaya panjang. Yang menarik dan merupakan kekuatan Irna Mutiara adalah dengan tidak menggunakan aplikasi payet untuk menampilkan keanggunan dan kemewahan. Detail dan aplikasi setiap gaun sangat unik dan one-of-a-kind. Beberapa memanfaatkan ‘sulam usus’ dari Lampung, yang diolah sangat menarik dan tidak membosankan (sulam usus juga dimanfaatkan sebagai ornamen utama koleksi busana Irna Mutiara yang ditampilkan dalam panggung Indonesia Fashion Week). Detail opnaisel, bunga-bunga yang dibuat dari sulam pita, lace, dan untaian mutiara dibuat dalam nuansa putih.

Dalam peluncuran bukunya saat Indonesia Fashion Week, Irna juga menekankan bahwa aspek tampilan keseluruhan adalah hal yang paling penting, karena disitulah unsur kesesuaian antara busana, tata rias, aksesori, sepatu, dan terutama jilbab, harus diperhatikan. Desain baju pengantin dan pesta tidak perlu terlalu ‘berkilau’ dan ‘berat’. Dengan detail yang sederhana dan unik, ditambah paduan asesori yang pas, maka penggunanya akan tampil maksimal, dan berbeda. Tertarik mengenakan busana dari Irna La Perle di hari istimewa? Gabung diskusinya di sini :)