banner-detik

beauty school

Forum Member in the Spotlight: Helen, Going After Her Passion!

seo-img-article

Bagi pengunjung setia thread The Beauty School atau Makeup Addict pasti sering melihat komentar anggota forum dengan nickname Pinkq. Helen Siahaan, nama aslinya, sudah menjadi anggota forum Female Daily sejak Maret 2009. Saat diminta menggambarkan dirinya, Helen berkata bahwa ia senang berkenalan dengan orang baru dan menambah teman—makanya betah banget di forum. Kesenangannya pada makeup berawal dari hobinya memberi warna pada satu media. Walaupun termasuk orang yang easy going jika sedang dilanda masalah bukan berarti Helen terlalu santai menjalani hidup … prinsipnya adalah hidup harus berjalan sesuai dengan passion dan hal inilah yang akhirnya membawa Helen keluar dari dunia korporat untuk mengejar impiannya sebagai makeup artist.

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau Helen menjadi makeup artist untuk semua model dan juga Female Daily crew di acara FD Garden Party pertengahan tahun ini.

Bisa ceritakan sedikit bagaimana kehidupan setelah meninggalkan dunia korporat?

Kalau lagi tidak ada jadwal kerja, pastinya di rumah mengurus anak, puas-puasin main dan jalan-jalan, berenang dan juga nge-gym.

Dulu, sebelum sibuk menjadi freelance makeup artist, saya sering juga menerima job memayet kebaya. Tapi sekarang dijalankan hanya sebagai hobi dan for fun saja.

Bagaimana awalnya menemukan Fashionese Daily dan apa yang membuat akhirnya betah?

Berawal dari teman yang sudah duluan menjadi anggota Female Daily–p3cia–yang memberitahukan mengenai thread makeup addict. Baru kali ini dengar ada teman-teman senasib yang gila kosmetika. Ternyata benar … para anggota forum Female Daily asyik banget. Ditambah lagi acara-acara gathering-nya seru. Fun banget dan ngobrol apa saja nyambung semua, terutama yang berhubungan dengan makeup, ya.

Dari sini saya banyak tambah teman baru, dan pastinya happy banget 🙂

Sarana penyaluran hobi, info bermanfaat dan teman-teman yang menambah pergaulan serta wawasan tren terbaru … semua saya dapat dari Fashionese Daily dan Female Daily.

Bagaimana cerita awal sampai akhirnya menjadi makeup artist yang tadinya dijalani hanya sebagai hobi saja?

Dari zaman hampir lulus kuliah sebenarnya sudah senang makeup. Sampai waktu wisuda pun memutuskan untuk dandan sendiri. Pelan-pelan dijalani sambil bekerja (2004-2006), saya sering mengerjakan makeup untuk para sahabat.

Akhirnya pada 2006 mulai ambil kursus dan terima panggilan makeup job sambil bekerja kantoran. Pada 2010 akhir, mulai yakin dengan keputusan dengan menjadi freelancer karena job selama 2010 semakin banyak dan meyakinkan. Dan akhirnya pada awal 2011 lah saya memutuskan untuk menjadi fulltime makeup artist.

Profesi makeup artist ini kan dream job banget buat semua beauty addict, bisa share rasanya mengerjakan sesuatu yang benar-benar kita sukai?

Rasanya hidup menjadi semakin berguna, nggak asal lewat karena kita menjalankan rutinitas yang itu-itu saja. Seperti mau bilang, “Ini passion yang gue mau!” Ikhlas banget mengerjakan semuanya juga excited di setiap pekerjaan. Dan yang jelas, gue banget!

Makeup job yang paling berkesan hingga saat ini?

Waktu pertama kali mengambil job makeup artist. Padahal yang didandani sahabat sendiri di ruangan dingin, tapi keringat yang keluar sebesar biji jagung saking groginya. Tapi karena dia segitu percayanya sama hasil kerja tangan saya, pelan-pelan masalah itu bisa diatasi.

5 makeup items that you think worth investing for and why?

1. Concealer, Make Up For Ever Camouflage crème warna Orange dan warna kulit juga full cover. Concealer berwarna oranye sangat bagus untuk menyamarkan kantung mata hitam yang agak bengkak.

2. Maskara, Maybelline

3. Penjepit bulu mata, favorit saya Shu Uemura (ours too!)

4. Cream blush, seperti Bobbi Brown Pot Rouge yang bisa dipakai untuk pipi dan bibir, praktis.

5. Eyeliner, Bobbi Brown Gel Liner berwarna hitam dan Mad Gel Liner warna Black Out dan Magnetism.

Rangkaian lima produk di atas cukup membuat tampilan wajah fresh seketika tanpa harus membawa alat makeup komplet.

Any makeup tips that you can share with us?

Gunakan foundation secukupnya sesuai dengan kondisi kulit. Untuk high coverage, utamakan penggunaan concealer guna menghindari hasil makeup yang terlalu tebal. Kulit wajah yang flawless dan healthy look lebih enak dipandang mata daripada yang tebal penuh dempulan 😉

Ada saran untuk beauty addict yang juga mau menjadi makeup artist profesional?

Selalu mencari ilmu baru, setia menjalankan profesi, dan tidak perhitungan, juga jangan pernah takut berbagi ilmu dengan orang lain karena semakin kita berbagi ilmu, maka orang akan semakin tahu dan percaya dengan kemampuan kita. 😉

Terakhir, di Female Daily, kan, Helen bertemu banyak teman, banyak juga yang sekarang menjadi teman dekat. Bisa ceritakan lebih banyak tentang gank-nya ini?

Teman-teman terbaik saya. Thank God banget bisa ketemu sama mereka. Benar-benar teman dalam suka dan duka. Bisa curhat mengenai apa pun, mereka selalu memberi masukkan yang baik dan tidak pernah menjatuhkan. Tidak hanya di Jakarta tetapi sampai di luar Indonesia pun ada (Malaysia). Kami selalu saling memberi semangat dalam hal apa pun demi kebaikan kami.

Thank you Helen for giving us a little bit of time in answering our question amidst your busy schedule as professional makeup artist. Cerita Helen tentang keputusannya untuk berhenti dari pekerjaan corporatenya juga bisa dibaca disini.

Kalau mau melihat hasil makeup Helen bisa juga dilihat di blog-nya. Siapa tahu ada yang perlu makeup artist, bisa langsung menghubungi Helen lewat email helenpinky@yahoo.com atau telepon langsung ke 08788 2946 111.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment