The Irresistible Ziba

Mengkreasikan kain batik menjadi sebuah produk baru itu gampang-gampang susah. Kalau salah padu padan, hasilnya malah bikin sakit mata. Jadi meski produk batik kian bertaburan di mana-mana, saya tetap kesusahan mendapatkan yang cocok di hati.

Tapi beberapa waktu lalu, kakak ipar saya menunjukkan sejumlah foto tas batik dan bertanya, mana yang bagus untuk dibeli. Spontan saya pusing, karena semuanya bagus! Saya pun kagum sekaligus penasaran, karena jarang menemukan lini tas yang tak hanya bermodal batik, tetapi juga mempunyai model-model yang konsisten stylish.

Setelah diselidiki, ternyata tas-tas tersebut bermerk Ziba Label, dan sudah wara-wiri di forum Female Daily sejak awal tahun ini. Mereka menawarkan berbagai produk batik seperti scarf, baju, dan mukena, tetapi jagoannya tetaplah tas.

Baru-baru ini, saya sukses menculik tiga (ya, akhirnya ia pesan tiga) tas Ziba Label milik sang kakak ipar, dengan tipe berbeda. Bentuk structured Calcia mengingatkan saya kepada Louis Vuitton Speedy, sementara Curie yang besar dan slouchy terlihat sesantai tas pantai. Sedangkan Selenia adalah tote bag yang stylish dan versatile, apalagi dia bisa ‘dilipat’ menjadi model yang berbeda.

Ketiga tas tersebut menggunakan berbagai kombinasi batik dan kulit, dibentuk menjadi model-model modern, jauh dari kesan norak apalagi kuno. Untuk kualitasnya, belum tahu sih, bagaimana performa tas Ziba seiring dengan waktu, tapi dari inspeksi awal, material tampak kokoh.

Tiga tas tadi hanyalah segelintir kecil dari koleksi Ziba Label. Kalau main ke toko online mereka, dijamin kalap dengan pilihan model dan corak yang tersedia, apalagi Ziba tampak produktif dan cepat dalam meng-update koleksi mereka.

Namun ada rupa, ada harga. Tas-tas Ziba Label dibanderol dengan harga kurang lebih satu juta rupiah. Hal lain yang menjadi bahan pertimbangan saya, segala produk yang berbahan batik biasanya cepat kusam dan belel. Maka, saya curiga Ziba Label susah dijadikan everyday bag yang tahan segala medan, setidaknya buat saya yang tergolong cuek.

Meski demikian, kalau selama ini belum menemukan tas batik yang sreg di hati, mungkin Ziba Label jodoh kamu? Intip koleksinya di sini.