banner-detik

female daily network

Breastfeeding Week Video - Behind the Scene

Hanzky

Hanzky/ 14

seo-img-article

Breastfeeding is something we feel very passionate about here at Female Daily.

Memang sebagian besar penghuni Wisma 31 adalah ibu tapi FD crew yang belum mempunyai anak pun sangat mengerti pentingnya memberikan ASI sebagai makanan utama bayi di enam bulan pertama kehidupan mereka. Sebagai network yang dianggap sumber referensi bagi para perempuan Indonesia, kami memberikan dukungan penuh kepada kampanye pemberian ASI untuk para Ibu, baik melalui artikel-artikel yang kami tulis di Mommies Daily, dari percakapan yang kami mulai di Twitter, maupun juga dari event-event yang kami liput. Kita ingin terus memberikan informasi yang akurat serta semangat kepada para ibu atau calon ibu untuk memberikan ASI kepada anak-anaknya.

Beberapa bulan yang lalu Managing Editor Mommies Daily, Lita, mendapatkan ide cemerlang. Dalam rangka Pekan ASI Sedunia 2011, yang jatuh pada tanggal 1- 7 Agustus, kita bikin video tentang menyusui yuk! Semua orang di kantor langsung menyambut gembira ide ini, terutama begitu tau bahwa tugas utama pembuatan video, yaitu syuting dan editing, akan jatuh ke tangan Lita dan saya sendiri πŸ˜€ Secara cepat kami memutuskan bahwa kami akan mengajak para ibu-ibu di forum untuk mengisi video tersebut.

Setelah Lita membuat storyline video, kami pun mulai merencanakan proses syuting dan editing. Berhubung pada saat itu kami akan mengadakan Market Plaza Day, di mana pasti banyak anggota forum yang sudah mempunyai anak yang akan datang, diputuskanlah untuk mengambil gambar dan mewawancara mereka di event tersebut. Saya sendiri tidak ikut serta karena hari pertama harus mengajar Kelas Dandan FD yang diadakan di hari dan tempat yang bersamaan. Lita dan Amanda lah yang hari itu kebagian tugas mengajak beberapa member untuk diajak “mojok” sebentar untuk diwawancara seputar ASI dan direkam gambarnya. Member-member tersebut adalah Dhita, Anggi Karimudin, Si Kembar Dina & Dita dan Arienda Sapari.

Seminggu setelahnya, saya dan Lita menghadiri acara talkshow tentang pentingnya mengajak anak-anak untuk menulis di The Giggle, FX yang merupakan kerjasama Mommies Daily dengan Buah Hati Books dan Plot Point. Tentunya event tersebut juga momen yang pas untuk kami “hunting’ ibu-ibu, dan ternyata kami berhasil mengambil gambar dua dari mereka, yaitu Yulia, yang juga kerja di Buah Hati Books dan Gina, dari Plot Point. Sayangnya, kami kesulitan mencari tempat yang sepi di sekitar Giggle. Akhirnya syuting kami lakukan di dalam Rumah Main Cikal, diiringi lagu anak-anak nan ceria yang masih terdengar di dalam video (saya nggak ngerti cara ngilanginnya gimana hehehe)

Sialnya lagi, Lita melakukan kesalahan yang agak fatal hari itu: yaitu mempercayakan saya untuk memegang kamera. Entah gimana, tangan saya seperti nggak bisa diam hari itu. Dan itu baru kami sadari setelah gambar sudah ditransfer ke komputer. Jadi kalau ada potongan gambar yang goyang-goyang, bahkan hanya menunjukan 3/4 dari wajah narasumber, itu sepenuhnya kerjaan saya. Mohon dimaafkan ya πŸ˜€

Setelah itu, Lita masih sempat ‘menodong’ sang kakak, Ira, untuk juga ikut menyumbangkan wajah dan suaranya untuk video ini. Syutingnya bahkan diselipkan di antara acara keluarga mereka di Puncak. Kami memang senang memanfaatkan teman-teman dan keluarga yang sering tidak tega menolak untuk urusan kerjaan πŸ˜€ Bahkan para krucil di rumah juga kami “pekerjakan” untuk memegang kertas bertuliskan sebuah kalimat yang secara tak sengaja menjadi “tema” kampanye ASI kami belakangan ini.

Oya, kami juga sempat mengadakan foto contest berjudul Indahnya Masa Menyusui di forum, di mana beberapa foto yang di-submit ke kami, dimasukkan juga ke dalam video ini. Melihat foto-fotonya saja sudah membuat saya gemas dan terharu, apalagi saat meng-edit di mana saya harus memasukkan lagu yang menambah keharuan saya. Melihat mata bening bayi-bayi lucu yang sedang menyusui itu betul-betul membuat saya kangen masa-masa memberikan ASI ke Aluf πŸ™‚ Terima kasih ya moms, yang sudah bersedia ‘meminjamkan’ fotonya untuk kami pergunakan di video ini.

Proses editing video ini juga cukup seru. Berhubung kami membuat video ini sebagai “hadiah” dalam rangka Pekan ASI Sedunia, kami memutuskan untuk tidak menyewa jasa profesional, melainkan membuat sendiri semuanya supaya lebih berkesan. Dan berhubung di kantor cuma saya yang bisa video editing, itu juga dengan kemampuan ala kadarnya, jadi tugas saya lah untuk memastikan potongan-potongan video dan gambar tersebut terangkai menjadi video yang manis dan bermakna. Tapi saya tidak sendirian sih, karena setiap step yang saya selesaikan, saya pasti minta pendapat semua yang ada di kantor dan mereka dengan senang hati memberikan masukan. Amal juga membantu saya dalam membuat beberapa graphic element di dalam video ini. Proses editing final kami lakukan pada hari Senin malam, setelah berbuka puasa di kantor. Karena masih juga belum puas dan masih ingin touch up beberapa detail dari video tersebut, saya pun meneruskannya di rumah sampai jam 1 malam! Kebayang kan betapa ngantuknya saya pas sahur pagi itu? πŸ™‚

Anyway, setelah proses yang lumayan panjang, video pun jadi dan telah di upload di YouTube. Dan pada hari Selasa, 2 Agustus, mundur sehari dari jadwal yang kami tentukan, video Breastfeeding Week kami publish di Mommies Daily.

Yes, this is our gift to you Indonesian mothers and mothers-to-be. We know it’s far from perfect but we hope you like it. Most importantly, we hope our message is coming through from this video. That breastfeeding is indeed worth fighting for!

Happy world’s breastfeeding week!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment