Belanja tas khusus untuk belanja

Dalam rangka menyambut Hari Bumi 22 April 2009, berbagai retailer di Amerika Serikat (dan tentunya juga di seluruh dunia) merancang program-program khusus untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan.  Ada yang membagikan lampu hemat energi, mengumpulkan botol plastik, sampai membagikan paket buku kegiatan anak bertema lingkungan. Diantara berbagai kegiatan dan promosi untuk memperingati Hari Bumi, satu kegiatan yang umum dilakukan oleh retailer adalah pembagian atau penjualan tas belanja (reusable shopping bags). Sejalan dengan meningkatnya kesadaran untuk mengurangi pemakaian plastik untuk membungkus barang belanjaan, banyak toko memang sudah menyediakan tas belanja pakai ulang yang harganya cukup murah.

Melihat berbagai promosi mengenai tas belanja tersebut, saya jadi teringat pada tas-tas belanja yang saya miliki. Ada yang saya beli karena tertarik motifnya, bentuknya yang ringkas, dan ada juga yang saya dapatkan gratis setelah belanja. Lebih dari cukup, mengingat yang paling sering saya pakai hanya 2 saja. Namun harus diakui bahwa saya sering tergoda untuk menambah koleksi tas belanja, apalagi dengan munculnya  berbagai merek tas belanja yang menggunakan material dan desain yang inovatif. Tas belanja bukan saja berguna tapi juga menarik dan bergaya.

earthday

Namun setelah dipikir, rasanya agak tidak masuk akal jika kita perlu membeli tas khusus hanya untuk belanja. Bongkarlah koleksi tas anda, kemungkinan besar anda akan menemukan tas-tas kain  yang tak terpakai mengingat tas kain/kanvas sering dibagikan saat seminar atau promosi bisnis. Jika motifnya tak sesuai selera, anda dapat mengubahnya dengan mencelup tas dengan warna kesukaan anda. Perawatannya pun mudah karena bisa dicuci jika kotor.

Intinya, manfaatkan dulu tas-tas kain yang sudah kita punyai sebelum membeli yang baru hanya untuk dipakai belanja. Dengan menggunakan tas yang sudah ada, selain berhemat kita juga menjalankan prinsip reuse untuk mengurangi sampah. Jangan lupa untuk selalu membawa tas belanja tersebut dalam mobil atau tas sehingga anda selalu siap berbelanja tanpa harus menambah limbah plastik.

Selamat Hari Bumi dan selamat berbelanja…