Shoulder Pads Revival

Nampaknya para designer dunia sedang ingin bernostalgia ke jaman 80-an sekaligus 90-an, karena untuk spring/summer 2009 ini gempita shoulder pads akan muncul kembali dalam rotasi trend fashion. Sebagian dari Anda mungkin akan berteriak tidak percaya mengingat shoulder pads merupakan salah satu ’dosa besar’ trend fashion di jaman 80-an dan 90-an. Meskipun sebenarnya tanpa Anda sadari, toh blazer Anda mungkin masih ‘mengandung’ shoulder pads di dalamnya. Shoulder pads pada blazer masih bisa dimaklumi karena ia memiliki nilai guna untuk tercantum di sana. Namun shoulder pads untuk kemeja atau blouseIt’s so 90’s, don’t you think?!

Well, the 90’s is IN now, so what? Marc Jacobs sebagai salah satu designer papan atas yang hobi bernostalgia dengan trend fashion dalam rancangan-rancangannya, mencoba membuktikan bahwa shoulder pads masih memiliki nilai estetika dalam berbusana baik untuk labelnya sendiri maupun untuk Louis Vuitton.

(left pic: Louis Vuitton S/S 09, courtesy of style.com)

Dan jika Marc Jacobs memilih untuk bermain dengan shoulder pads super lebar untuk trend spring/summer 2009 ini, label Just Cavalli lebih tertantang untuk bermain dengan shouler pads yang menukik tajam.

(top pics, l-r: Marc Jacobs S/S 09, bottom pics, l-r: Just Cavalli and Donna Karan S/S 09)

Berbeda dengan shoulder pads dari Just Cavalli yang lebih radikal, Isaac Mizrahi dan Gianfranco Ferre menawarkan blazer maupun coat dengan aksen shoulder pads yang tidak begitu men-distract tampilan keseluruhan dari outfit namun tetap meninggalkan kesan bold sekaligus elegan. Sedangkan Etro dan Calvin Klein justru mencoba untuk menunjukkan kepada para penikmat fashion bahwa shoulder pads juga tetap dapat digunakan dalam tampilan yang laid-backSeriously saying, the shoulder pads trend is really back. I don’t have to mention all of the designers who put shoulder pads in their collection, do I?

(top pics, l-r: Isaac Mizrahi, Gianfranco Ferre, bottom pics, l-r: Etro and Calvin Klein S/S 09)

Mungkin sebagian dari Anda masih menggeleng-gelengkan kepala tanda tidak (mau) percaya trend ini kembali lagi. Atau mungkin kita perlu mengadakan taruhan kecil-kecilan di sini: apakah trend shoulder pads ini akan masuk ke Indonesia atau tidak. Wanna bet now? 

Pic source: style.com