Candy Melody by Sally Koeswanto

Masih ingat gebrakan ‘baju besi’ yang sarat kesan futuristik karya Sally Koeswanto tahun lalu? Jangan berharap akan menemukan gebrakan serupa, karena tahun ini Sally sedang ingin menampilkan sisi femininnya seiiring dengan diluncurkannya label ketiga “Skin by Sally Koeswanto”.

Terinspirasi dari putrinya, Rachel, Sally mengangkat tema “Imaginative world of a little girl” untuk koleksinya kali ini. Maka tak heran apabila Sally terlihat menampilkan rancangan yang sedikit kekanak-kanakkan dengan gaun-gaun bervolume, rok tutu, hingga babydoll dengan warna-warna pastel khas bubblegum. Namun bukan berarti Sally mentah-mentah membanting stir garis rancangnya begitu saja, Sally tetap memunculkan sisi radikal yang dipresentasikan pada beberapa karyanya dengan kesan seksi, edgy sekaligus elegan yang begitu kuat melekat. Di akhir acara, tiga selebriti tanah air seperti Dewi Sandra, Rossa, dan Shanty muncul untuk menutup show. Sepertinya ini sedang menjadi trend tersendiri untuk memunculkan selebriti ke tengah-tengah fashion show di Jakarta, meskipun selebriti tersebut sebenarnya kurang mampu mempresentasikan sebuah karya bernilai estetika tinggi dengan baik—seperti yang terjadi di show Sally Koeswanto kali ini.

Apabila tahun lalu baju beraksen besi karya Sally Koeswanto cukup mengingatkan kita akan koleksi Fall/Winter 2007 Dolce & Gabbana, tahun ini Sally mencoba bermain-main dengan animal print a la Roberto Cavalli. Tak perlu menuduh hal tersebut sebagai pencurian ide, toh dalam dunia kreativitas macam ini sudah tidak ada lagi ide yang mutlak orisinil. Semuanya berasal dari inspirasi, seperti halnya Rachel yang telah mencercahkan inspirasi pada Sally.

Photos by Cheyqua

tiga selebriti tanah air *click on photo below

*click on thumbnails for larger view