Arantxa Adi: Contrast

Pertengahan tahun ini rasanya seperti menjadi moment dimana para designer lokal unjuk gigi. Jum’at malam, 2 Agustus 2008, Arantxa Adi atau yang lebih dikenal dengan nama panggilan “Acong” menyelenggarakan fashion show dengan tema “Contrast” di ballroom Hotel Mulia Senayan.

Show yang baru dimulai pada pukul 9.30 malam ini menampilkan karya-karya Acong baik dalam ranah women’s wear maupun men’s wear. Koleksi women’s wear tetap mendominasi show kali ini mengingat Acong hanya menyajikan sedikit koleksi men’s wear yang—jujur—tidak cukup meninggalkan kesan bagi penikmat fashion mengingat garis rancangnya tidak terlalu kuat dan memiliki statement. Beralih ke koleksi women’s wear, Acong lebih banyak menyajikan gaun-gaun pesta yang terkesan glamor dengan sentuhan payet yang minimalis pada beberapa koleksinya. Infusi Yunani juga begitu terasa pada beberapa gaunnya yang mengingatkan kita pada romansa Aphrodite. Acong jarang sekali bermain dengan motif ataupun corak di dalam koleksinya kali ini, justru lebih banyak bermain origami sederhana pada beberapa karyanya.

Di pengujung acara, Anggun yang sempat membuka fashion show ini kembali muncul untuk menyanyikan tembang penutup hingga pada akhirnya para model berjalan meniti catwalk dengan menarik kain putih yang diangkat tinggi-tinggi seperti sedang membawakan kejutan bagi para undangan. Ternyata kejutan itu tak lain adalah kemunculan sang designer sendiri dari balik kain tersebut. Setelah memberikan penghormatan pada para undangan, Acong pun meninggalkan panggung catwalk setelah para undangan telah satu per satu meninggalkan ruangan terlebih dahulu—bahkan jauh sebelum acara selesai.

Bila kita menilik kembali judul fashion show Acong dengan isi koleksinya memang kurang berelaborasi; entah dimana letak “Contrast” yang ia maksudkan. Meskipun demikian, harus diakui bahwa karya-karyanya memiliki daya jual yang cukup tinggi dengan rancangannya yang sangat wearable. Inilah salah satu designer tanah air yang turut menyemarakkan kancah mode Indonesia!