Dress For Success

dwp02.jpgdwp011.jpg

Sudah nonton “The Devil Wears Prada”? Kisah seorang Andrea Andy Sachs yang bermimpi menjadi jurnalis handal, yang kemudian mengantarkannya menjadi asisten seorang Miranda Priestly, Editor in Chief di Majalah Runway.

Disitu diceritakan bagaimana awalnya Andy yang idealis, tidak mau terbawa arus dengan menjadi seorang fashion follower. Ia meyakinkan diri bahwa kemampuan seseorang tidak dilihat dari stylenya tapi dari kemampuannya, dan Andy sangat yakin dengan kemampuannya.

Dan apa hasilnya? Ia hanya bertugas menyiapkan kopi untuk Miranda setiap pagi, asisten kedua yang hanya menjadi suruhan asisten pertama, menjadi bulan-bulanan orang sekantor yang mengejek penampilan jeleknya yang sangat tidak up to date (tentu saja sangat ganjil melihat seorang yang berpenampilan buruk bisa bekerja di bidang fashion). Andy pun susah untuk menunjukkan kemampuannya yang sesungguhnya.

Begitu Andy dimakeover, diapun langsung terlihat cantik dan keren, orang di kantornya tidak ada yang memandangnya dengan sebelah mata lagi. Teman kerja yang tadinya cuek mulai menyapa Andy, kerjaan dia ditambah tanggung jawabnya dan urusan pekerjaan pun sepertinya lebih mudah dikerjakan karena orang lain akan senang hati membantunya. Dan yang paling penting, jalan karir jadi terbentang luas didepan, terbukti dari Miranda yang mengajak Andy untuk menghadiri Fashion Show di Paris. Andy yang semula tidak mendapat perhatian, hingga akhirnya, penampilan barunya yang mengiringi kepintarannya menuntunnya menemukan jalan kariernya.

Jadi salah satu arti yang bisa ditangkap dari film ini adalah seseorang itu, apapun pekerjaannya (apalagi menjadi seorang asisten editor majalah fashion), harus berpenampilan menarik. Tidak harus selalu mengikuti trend mode yang kadang kala tidak sesuai dengan diri kita, tapi minimal memperhatikan penampilan agar selalu terlihat cantik, segar dan percaya diri. Dengan berpenampilan bagus artinya kita menghargai diri sendiri and take things seriously, jadi kita lebih terlihat dan dipercaya dibanding mereka yang tampil awut-awutan. Tapi tentu saja, ini juga harus didukung dengan performance kerja yang nggak kalah oke nya dengan penampilan kita.

So remember, be fashionable at work…:)

Tambahan dikit dari Hanzky

  • Do dress for the job you want, not the job you have. So take it up a notch ladies..;)
  • Do dress professionally. If you can wear it to the beach then it’s not appropriate for office. Trust me, you will behave more appropriately when you dress up than when you dress down. You will hold yourself up with more confidence and poise.
  • Do wear heels, even if it’s only kitten heels, unless you need to run around all day. Heels help you with having a good posture.
  • Do take it easy on accessories. Leave dangling earrings and noisy bangles at home.
  • Don’t show too much skin, save those clothes for the night out, and don’t show any undergarments.

Any more ideas?