Istanbul Shopping Scene

Yah namanya juga perempuan, ngga bisa jauh jauh dari shopping. Termasuk saya, kayaknya nggak lengkap deh liburan ke negara orang tanpa sempet mampir ngerasain mall-nya. Hehehe…


Grand Bazaar

Oh sebelum saya cerita lebih lanjut tentang mall di Istanbul, surga buat para shopaholics di sini sudah pasti adalah GRAND BAZAAR atau di sini dikenal dengan KAPALICARSI (baca: ka-pa-le-sar-shey). Udah berdiri sejak tahun 1461 oleh Sultan Mehmet II dan sekarang sudah ada lebih dari 4000 toko!!! Puas gak tuuh?? Sampai sampai bazaar ini punya district district tersendiri dan ada nama nama jalannya. Bahkan tiap district punya kantor pos, bank, dan kantor polisi sendiri. Be prepared to spend a whole day dedicated to getting lost here. Dan seperti bazaar bazaar pada umumnya, hati hati sama jambret, copet, dkk. Apalagi muka kita ada tampang turis, makin jadi sasaran empuk. Para penjual di sini juga pada baik hati dan charming setengah mati. Bahkan mereka akan berani ber flirting ria sama kita kita yang cewek. Tapi ingat, mereka adalah penjual kelas kakap. We are nothing but walking money for them, jadi jangan suka kemakan sama bujuk rayu gombal mereka. Susahnya karena banyak penjual yang ganteng ganteg… Halah!

Kalo mau iseng cari permen atau manisan khas Turki, atau mungkin mau cari Turkish viagra (seriously ada!), atau mau cari bumbu eksotik seperti saffron? Kudu mampir ke SPICE BAZAAR atau di sini disebut MISIR CARSISI (baca: mey-ser char-shee-seu) di daerah Eminonu di belakang Yeni Camii. Spice Bazaar ini dibangun tahun 1660 oleh Turhan Sultan. Tempat ini adalah pusat jualan segala macam rempah rempah, baik untuk masak maupun untuk obat-obatan an. Very interesting place to see! Foto foto di sini juga cakeeppp…

Anyway busway, Istanbul boleh menang masalah tourism, tapi untuk masalah shopping…teteuupp Jakarta lebih ku cinta! Baju baju di Istanbul cenderung standard. Malah bagi saya, bagusan baju baju di tanah air! Lagipula di sini banyak merek yang udah ada di Indonesia seperti: Zara, Mango, Calvin Klien, Debenhams, Miss Selfridge, Topshop, Nautica, Benetton, Sisley, Esprit, dan La Senza.

Untuk kosmetik, selain di mall mall besar, bisa beli juga di eczane (apotik, dalam bahasa Turki). Kosmetik yang ada di sana dan di Indonesia: L’Oreal, Maybelline, Nivea, Lancome, Clinique, Biotherm, Estee Lauder, Clarins, Elizabeth Arden. Kosmetik yang ngga ada di Indonesia: Chanel, Bobbi Brown, Fredrik Fekkai, John Frieda, Vihcy, Sally Hansen, Lipfusion, La Roche-Posay (merek yg ngeluarin Anthelios sunblock yg TOP BGT), DDF, L’oreal micro dermabration kit, Nivea makeup, Neutrogena makeup.

Tapi ada juga beberapa toko toko keren yang nggak ada di Indonesia. Mereknya juga asli Turkish tapi ada juga sebagian yg bukan. Yang worth it untuk beli di sini adalah sepatu cewek dan cowok dan setelan jas untuk cowok.
Untuk sepatu bisa lihat:
Kemal Tanca, Hotix, Desa, Aldo, Centro.
Untuk baju baju keren
: Mavi Jeans (kayak Giordano), Pull & Bear, LC Waikiki, Koton, Sarar, Ipekyol, Ramsey, Sabri Ozel, Stradivarious, Net Work, Derimod, dsb.


Kanyon Mall

Mall yang OK untuk dijajal:
KANYON, upper class shopping center di daerah Levent. (see www.kanyon.com.tr)
CEHAVIR, besarnya kayak Mal Taman Anggrek, di daerah Sisli
AKMERKEZ, upper class shopping center dan termasuk favorit kaum elit di Istanbul, di daerah Etiler. (see www.akmerkez.com.tr)
METRO CITY, middle upper class di Levent
GALLERIA di daerah Atakoy
CAPITOL juga termasuk mal OK di bagian Asia dari Turkey tepatnya daerah Acibadem
CARREFOUR ICERENKOY di daerah Kozyatagi awalnya emang sebuah Carrefour tapi akhirnya dibuatlah shopping center di sekelilingnya.

Kalo mau cari barang keren tapi harga miring, kudu mampir ke mal yang merupakan kumpulan toko toko outlet di OLIVIUM di wilayah Zeytinburnu. Di sini ada bermacam merek Turkey yang beken seperti Desa, LC Waikiki, Derimod, Net Work, Sabri Ozel, Ipekyol, Tween, Pantamo, Balliza, Sabra, dsb. Semua dengan harga yg di-indirim sampai 70 %!! Hip hip hore nggak tuuh??


Taksim Square

Biasanya para pelancong bisnis sering kali terdampar di hotel di daerah TAKSIM SQUARE. No worries! Di sini banyak makanan dan toko toko yang keren! Semua nya ada di sini. Cuma siap siap pegel yah, soalnya pedestrian walk di Taksim ini kurang lebih 2 km. Oh dan di sekitar kilometer ke 1, ada CICEK PASAJI (baca: chee-chek pa-sa-yee) atau Flower Passage. Jaman dulu jadi tempat perlelangan bunga. Sayangnya tahun 1978 tempat ini terbakar, tapi sekarang sudah diperbaiki dan jadi tempat cafe cafe kecil dan 1 toko khusus Turkish Delights yang segambreng gambreng. Masih tampak cantik meski kecil.

Nah di sampingnya Cicek Pasaji ada BALIK PASER (baca: ba-leuh pa-ser) atau Pasar Ikan. Nooo, tempat ini nggak pasar ikan tenan yang bau amis gitu. Justru gang kecil ini banyak sekali terdapat resto kecil yg menjual ikan bakar segar. Selain itu, banyak toko yg menjual rempah rempah khas Turki dan juga souvenir seperti Evil Eye dan t-shirt Turkiye yang merah itu. Agak lebih mahal dibanding dengan Grand Bazaar, tapi kalo situ jago nawar sih untung dirimu deh. Kalo sempet menyusuri gang ikan ini lebih jauh, suka ada beberapa toko yg menjual barang2second, kebanyakan sih literatur, pecah belah antik, dan prentilan lainnya. Skill paling penting di sini adalah: NAWAR! So kali kali aja bisa dapetin lukisan kuno atau buku keluaran edisi pertama di sini. Open your eyes and you might find a treasure here!

Terus terang saya nggak banyak shopping di sini, kecuali untuk oleh-oleh (yang segambreng). Baju cuma beli 2 potong atasan. Tas cuma beli 1 aja di Desa. Sepatu aja sih yang bikin rada kejep kejep. Soalnya kebetulan banget pas lagi summer semua sepatu pada “indirim” alias discount gede-gedean! Berhubung kualitas kulit di sini OK dan harganya murah, saya agak…hmm…kalap! Jadi sekarang yang ada saya ketar-ketir sama baggage limit. Du du du duuu duduuuu… Semoga gak over limiiittt!

Salam dari Gokturk Istanbul!

* Pictures courtesy www.anzac.govt.nz, http:/forum.hardware.fr, http:/www.zeytinburnu.com.tr, wikipedia.org