The Magic Butter?

Sudah lama kita pasti sering mendengar kandungan shea butter di berbagai produk kosmetik – mulai dari moisturizer, lipstick, hair conditioner sampe masker – sebenernya apa sih shea butter itu? Dan apa bener ada khasiatnya?

Shea butter adalah zat yang diambil dari buah Shea (yang disebut Shea nut) yang mempunyai biji mirip dengan buah alpukat. Dari biji itulah diambil shea butter ini. Shea butter memang terkenal dengan kegunaannya sebagai pelembab dan emollient tapi sebenarnya banyak alasan kenapa shea butter bisa dibilang produk unggulan untuk membantu masalah-masalah kulit kita.

Contohnya, shea butter mengandung cinnamic acid yang ternyata membuatnya bisa menjadi pelindung matahari natural. Yang mesti diingat adalah tiap produk shea butter mengandung kadar SPF yang berbeda-beda, yang paling tinggi kira-kira SPF 6, sehingga kalo kulit kita extra sensitif sama sinar matahari mendingan jangan memakai shea butter saja sebagai protection.

Shea butter juga membantu regenerasi sel dan sirkulasi kapilaris, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka ringan di kulit, kulit pecah-pecah dan juga dapat mencegah penuaan kulit. Karena juga punya khasiat regenerasi kulit, shea butter juga dapat digunakan untuk merawat rambut dan kulit yang sangat kering seperti pada penderita eczema, psoriasis, terbakar matahari dan luka bakar. Karena mengandung anti-elastase natural, shea butter juga sering digunakan untuk mencegah terjadinya stretch mark (penting nih untuk ibu2 hamil!)

Masih kurang? Shea butter ternyata juga dapat digunakan untuk mengurangi rematik dan nyeri otot. Penggunaan shea butter dianggap sangat aman untuk kulit sensitif karena hampir tidak pernah menimbulkan reaksi alergi.

Akhir-akhir ini, saya lagi senang menggunakan Pure Shea Butter dari L’occitane yang mengandung 100% shea butter asli dari pohon shea di Afrika Barat. Produk ini tersedia dalam mini size (8 ml) yang saya bawa ke mana2 untuk berbagai “problem” – bibir kering, cuticles, ujung rambut yg kering, siku dan lutut, telapak kaki yg pecah2 dan lain-lain. Saya juga baru ngeh kalo ternyata shea butter ini bisa dijadikan hair mask. Caranya : oleskan shea butter dari ke seluruh rambut (terutama ujung-ujungnya) dalam keadaan basah, tutup rambut dengan handuk, diamkan 30 menit dan bilas. Saya juga dapet informasi dari staff-nya L’occitane bahwa untuk memakai pure shea butter ini sebagai body lotion, kita bisa memanaskannya dulu seperti kita memanaskan mentega (dilelehkan di atas api) supaya teksturnya lebih lunak. Saya sih belum pernah nyoba (kok kayaknya repot ya?), tapi untuk dipakai di kaki, tangan dan anggota badan lainnya, saya ambil sedikit produk tsb dan ‘dipanaskan’ dulu dengan cara menggosok2annya di telapak tangan.

Untuk yang ingin produk yang lebih praktis dan murah, tentunya tinggal mencari produk-produk yang mengandung shea butter, seperti The Body Shop Shea Body Butter, Jergens Shea Butter Skin Enriching Cream, Lush Helping Hands (with linseed gel, glycerin, honey and shea butter) dan masih banyak lagi.

Photos from The Body Shop.