Belanja Online di Indonesia

Di Indonesia ternyata nggak cuma tradisional ritel aja yang lagi booming. Online shopping juga lumayan banyak yang peminatnya. Peminat untuk jadi penjual dan peminat untuk jadi pembeli. Soalnya online shopping kan biasanya lebih murah harganya karena yang punya nggak perlu bayar sewa tempat yang mahal. Lagipula lumayan hemat waktu kan. Memang sih mall ada di mana mana tapi kalo mau cari yang murah meriah..tetep harus ke ITC, apalagi kalo mau ke mangga dua nya langsung kan paling enggak harus nyediain waktu seharian tuh. Sekarang juga untuk transfer uang nggak begitu ribet kayanya. Bisa lewat ATM aja. Untuk pengirimannya juga ada tiki, yang bisa di ambil jadi nggak perlu ke kantor pos.

Saya yakin bakalan tambah banyak nih online store dari Indonesia. Soalnya e-commerce memang jenis usaha yang paling cocok untuk yang berskala kecil, apalagi kalau modalnya terbatas. Kalo sekarang sih online store yang ada baru sampe tahap seperti catalog shopping ya, nggak sampai payment processing. Jadi nggak menerima pembayaran melalui kartu kredit di situsnya. Lagi pula yang punya website dengan domain sendiri belum begitu banyak juga, masih banyak yang toko virtual nya ada di multiply atau di blogspot. Ada juga beberapa yang mulai nya dari multiply sampai akhirnya sekarang sudah punya situs sendiri. Berikut ada beberapa toko toko virtual yang saya baru nemu beberapa hari ini.

Monik Celtic
Label yang di beri nama Monik ini fokus di apparel, berbagai macam t-shirt dengan segala warna ada di sana. Kebanyakan sih t-shirtnya polos dengan gambar gambar lucu. Selaen womenswear juga tersedia menswear. Dan selain di pasarkan lewat website nya, label monik ini juga di pasarkan lewat distro distro di kota kota besar di Indonesia selain di butiknya sendiri di Bandung. Website
Menurut saya website ini desainnya bagus. Simple, clean, professional and easy to navigate. Foto foto nya juga bagus bagus.

Happineesh
Happineesh ini salah satu online store yang berawal dari multiply. Koleksi nya waktu di multiply sih lengkap tapi sekarang masih dalam process pindah pindahan jadi belum banyak barangnya. Website nya juga bagus. Tapi kayanya fitur ‘add to my shopping bag’ nya belum bekerja deh soalnya kalo di klik nggak nge-link kemana mana. Jadi kalo mau order harus email dulu untuk sekarang dan kasih tau mau order yang mana.


Kimmy Shoes

Kalo online store yang lain kebanyakan menawarkan koleksi lengkap. Yang ini khusus jualan sepatu aja, tapi jangan harap bisa nemu sepatu hak tinggi atau wedges di sini karena sepatu Kimmy ini sudah ada model khasnya sendiri. Menurut saya sih agak mirip seperti sepatu merk keds tapi lebih feminin walaupun tetap mempertahankan sporty look nya. Kalau mau pesan lebih dari 10 pasang, kita bisa pilih motif dan detilnya sendiri.

Window Display

Baru launching bulan ini di multiply, seperti nya fokusnya aksesoris dan barang barang vintage. Ada juga beberapa tas desainer seperti LV, Prada, Anya Hindmarch yang second hand. Selebihnya banyak anting, kalung, gelang dan cincin. Kalo mau cari aksesoris dari tahun 80-an, di sini ini tempatnya. Katanya sih koleksi 80-annya ini di ambil dari koleksi seseorang yang dulu nya sering ‘ngeceng’ (haha, kan 80-an) di Ori, Ebony dan Musro, and used the term ‘cing’ and ‘kece’ in daily basis…:D

Kandang Sapi Buntal

Heheh, the name of this online store never fails to make me smile. Apalagi di halaman depannya ada gambar kartun sapi super gendut. Multiply nya juga meriah bener, barangnya banyak and I especially love the shoes collection. Barang barang di Kandang Sapi Buntal ini udah lumayan banyak juga yang sering masuk di fashion spread majalah Olga.

Trus, yang lainnya ada Valere La Pena, Jejak Shop, Bloop Endorse, Orderockers. Dan kayanya yang paling lama beroperasi itu Simplight.net yang dulu pernah di bahas di sini juga.

Ada yang pernah belanja online kah di sini?..Kita lagi compile website website online shopping di Indonesia nih. Kalo ada lagi website yang lain kasih tau ya.