women & bags…part two

So, did anyone catch the interview? It was aired last night. You can click here to listen to it, and just click ‘Wednesday’. It will probably only be there until the new week rolls by. Anyway..ini nih pertanyaan yang waktu itu di tanyain. I’ll try to write down what I remember, these are not the exact words, but more or less inti nya sama lah. Dan yang nggak di italics itu berarti tambahan yang sengaja saya tulis di sini.

Apa sih yang membuat harga sebuah tas desainer itu mahal?

pertama tama pasti nya karena di buat dari material (kulit, hardware, lining, restleting dll) yang grade nya lebih bagus. Kulit nya juga bukan kulit biasa, tapi dari special breed dan mereka punya peternakannya sendiri yang di desain sedemikian rupa supaya kulit yang di hasilkan itu konsisten. Peternakannya juga nggak di sembarang daerah tapi ada di daerah khusus yang cuaca nya kira kira cocok untuk perkembangan kulitnya. Trus craftsmanship nya juga bagus, jaitannya/lem nya kuat dan nggak miring miring, process pembuatannya nggak simple. Trus labornya mahal karena pabriknya banyak di Europe atau di US. Trus kita bayar nama nya juga and designer’s imagination. Biaya operational/marketing/customer service nya mereka juga tinggi. Lagian desainer itu tau kalo mereka bisa pasang harga berapa aja orang pasti tetep akan beli.

Apa benar buat seorang wanita itu memiliki tas desainer, pada akhirnya adalah symbol status mereka?

Pasti nya alesan setiap orang untuk membeli tas nya beda beda..ada ang suka model dan kwalitas nya, ada yang emang udah kebanyakan uang…tapi memang ada yang beli untuk nunjukin status aja apalagi yang masih muda muda. Soalnya beli tas itu termasuk salah satu cara yang murah untuk menunjukan status seseorang di banding beli mobil, rumah atau berlian. Trus kan nggak banyak orang yang punya privilege untuk hidup seperti selebriti selebriti Hollywood gitu misalnya, jadi dengan punya tas yang sama aja mereka udah seneng karena merasa menjadi bagian dari lifestyle selebriti2 itu.

Asri, co-host nya bilang kalo alesan dia beli tas itu ya to reward herself. And I think that’s a good point…memang nggak salah dong kalo kita udah kerja cape cape kan pingin ngerasain hasilnya. Everyone deserves a little luxury every now and then..and I think it’s important for people to realize that and reward themselves with something that makes them happy. Bisa dengan beli sepatu, jalan jalan, a nice day at the spa, atau yang lainnya.


Kepuasan apa sih yang didapat kalau seorang wanita bisa menggunakan tas desainer ini?

Pasti nya puas lah kalo ngerasa keliatan ok. Apalagi barang mahal itu memang ada sinarnya tersendiri…so it elevates your whole outfit ya, it makes you look from nice to special. Puas juga karena kita tau tas nya itu bakalan last for a life time karena jadi memang awet so you’ll get your money worth….and they last much longer than anything in your closet dan akan bisa di pake selalu biar pun berat badan kita naik 10 kilo misalnya….heheh..

Dari segi ekonomis, terus terang buat para pria kan harganya tidak masuk akal, dan kalau wanita bicara tas, seolah-olah kalian bicara dari dunia lain, apakah benar bahwa wanita membeli tas untuk dilihat wanita lain, bukan untuk pasangannya?

Iya..memang wanita beli tas bukan untuk meng-impress pasangannya kok karena pria kebanyakan juga nggak bisa bedain mana tas yang beli di butik, mana yang beli di kaki lima..heheh. Jadi memang untuk kepuasan sendiri aja.. Harganya memang mahal ya tapi pria juga banyak beli barang yang mahal nggak masuk akal kaya accessories mobil, home theather, dan barang barang hi-tech lainnya..so it evens out in the end..:p

Btw, kalo untuk di liat pasangannya ya beli nya pasti lingerie yaa..something sexy..bukan tas..hehe

Menurut kamu bagaimana appresiasi wanita Indonesia terhadap tas-tas desainer ini?


Kayanya sekarang memang semakin banyak wanita wanita Indonesia yang menghargai tas tas desainer dan pingin punya..terbukti dari banyaknya kerja sama antara bank dan butik yang bisa memberi cicilan tanpa bunga untuk jangka waktu tertentu..berarti kan demandnya aja. Soalnya harga harga di Indonesia memang mahal mahal banget sih, beda sama di US atau Europe yang banyak sale nya dan banyak toko toko yang jual discounted branded items.

Btw, I don’t recommend maxing out your credit card lho ya..hehe. Saya bisa bilang lebih banyak sebenernya karena ngeliat dari lingkungan sendiri aja, ngeliat temen temen yang dulu nya nggak perduli sekarang jadi banyak yang pingin juga..soalnya sekarang kan udah pada kerja dan posisi nya juga udah lumayan so they have money to buy stuff that they couldn’t afford before. Tapi kalo di Indonesia sepertinya masih terfokus dengan tas tas yang berlogo (mainly lv and Gucci)..jadi bisa di bilang kalo mereka kayanya lebih mentingin status daripada menghargai barangnya itu sendiri.


One last question, tas apakah yang sedang tren saat ini di Amerika ?

Sekarang designer ngeluarin banyak model model tas baru dan semua orang ingin jadi designer bags. Jadi nggak ada tas yang bener bener popular seperti Balenciaga, Luella Giselle, Chloe Paddington beberapa taun yang lalu. Tapi tas tas keluaran chanel memang lumayan lagi in demand, sama chloe bay bag juga.

Iya memang sekarang nggak ada tas yang jadi ‘it bag’ ..semua desainer berlomba lomba desain tas supaya jadi it bag tapi karena udah saking banyaknya dan semua fashion house ngeluarin tas (zac posen, Christian loboutin, etc) jadi nya yaa so many choices.

Oh iya..saya sempet di tanya juga pas bilang tas chanel lagi banyak di gemari..”chanel yang gimana, nama modelnya apa?”..hehe..jarang jarang lhoo cowo ada yang nanya gitu..biasanya ya mereka tau nya cuma merk nya aja, nggak tau nama modelnya. I was also asked whether I like the louis vuitton tribute patchwork bag..(The $42,000 bag that looks it was sewn by my grandma). I don’t like anything patchwork, and I never like LV limited edition bags, most of them are just tacky. And then he was also asked me about the LV spider bag..i was like..you mean Fendi Spy?..pokok nya yang nggak mudeng gitu dua dua nya..tapi akhirnya baru ngeh kalo yang di maksud itu LV Speedy..hehehe..but still for a guy he sure knows quite a few about bags.

Soo..anyone wants to add to my answer?